Sebutkan Bagian-Bagian Teks Pidato

Ada yang nanya nih sama Abeh, sebutkan bagian-bagian teks pidato ! Sebutkan bagian-bagian pidato ! Sebutkan bagian bagian penting dalam pidato ! Jelaskan bagian-bagian teks pidato beserta contohnya ! 

Bagian Bagian Pidato

Bagian pembukaan

Berisi salam pembuka, ungkapan sapaan, puji syukur kepada Tuhan dan tujuan pidato. Salam pembuka terletak pada bagian awal dan menjadi pembukaan dalam suatu pidato. Contoh dari salam pembuka naskah pidato yaitu seperti Assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua, selamat pagi, dan lain sebagainya. 

Adapun ucapan penghormatan biasanya diberikan kepada bejabat tinggi yang telah hadir dalam acara yang ada dalam pidato tersebut. Contohnya seperti yang dilakukan pada acara sekolah, maka ada beberapa ucapan penghormatan yang diberikan kepada kepala sekolah dan juga bapak ibu guru. 

Contoh ucapan penghormatan sebagai berikut: Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Panumbangan, bapak dan ibu guru serta semua staf SMA Negeri 1 Panumbangan dan seluruh teman-teman yang saya cintai.

Tentu saja ucapan penghormatan akan berbeda-beda. Semakin banyak pejabat atau orang penting lainya yang datang, maka akan semakin banyak juga ucapan penghormatan yang akan diberikan. Tetapi ucapan penghormatan harus dipahami yaitu penghormatan yang diberikan diurutkan dari pangkat yang paling tinggi terlebih dahulu. 

Lalu ada juga ucapan syukur. Bagian tersebut biasanya berisi tentang rasa syukur karena bisa berkumpul bersama dengan para hadirin. 

Contohnya adalah sebagai berikut: Puji syukur selalu terucap kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan rahmat kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul didalam acara ini. Tidak lupa sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kepada baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasalam, Rasul akhir zamn yang kita nantikan syafaatnya kelak.

Bagian isi

Berisi uraian pidato atau permasalahan atau materi yang akan diungkapkan sesuai dengan yang telah direncanakan atau ingin disampaikan. Isi dari pidato adalah bagian yang paling penting dalam pidato. Tentu saja isi dari teks pidato sangat berkaitan dengan tema pidato. 

Contoh isi teks pidato: Bapak ibu guru dan teman-teman tidak terasa waktu begitu berlalu dengan cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu disekolah yang indah ini, sehingga kami bisa mendapatkan ilmu yang tak terhingga. Semuanya berkat dari bapak ibu guru yang telah mengajar kami. kini pada akhirnya hari kelulusan itu tiba, Setelah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Kami semua sudah mendapatkan ilmu yang sangat banyak sekali. Semua itu berkat bapak ibu guru yang sudah mengajar kami semua. akhirnya hari kelulusanpun tiba setelah enam tahun kami semua belajar bersama bapak dan ibu guru. Selaku dari perwakilan kelas enam mengucapkan terima kasih dan kami juga ingin meminta maaf atas perbuatan salah kami semuanya. Tidak lupa juga kami sampaikan terima kasih kepada orang tuakita semua yang sudah memberikan motivasi dan juga dukungan semua.

Penutup pidato

Berisi kesimpulan isi pidato, harapan-harapan atau himbauan, saran dan imbuhan, ucapan terima kasih, pantun atau kata kata mutiara, ucapan permohonan maaf, serta salam penutup. 

Adapun contoh penutup pidato sebagai berikut: Untuk teman-teman semua yang saya cintai, meskipun sudah lulus tetapi kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih sangat panjang dan untuk menggapai cita-cita kalian semua. Akhir kata saya mau mengucapkan sukses selalu untuk teman-teman doa saya menyertai teman-teman semuanya amin. Wassalamualaikum warakhmatullahi wabarakatuh.

Bagian-bagian tersebut disebut juga struktur teks pidato atau yang menyusun teks pidato secara utuh dan berkesinambungan.

sebutkan bagian-bagian teks pidato


Definisi Pidato

Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan umum untuk mengungkapkan pendapat atau menyampaikan sesuatu. Pidato dilakukan oleh satu orang di depan banyak orang. Dalam sebuah pidato, biasanya ada teks pidato yang dibawakan. Teks pidato ini berfungsi untuk memudahkan orang yang memberikan pidato.

Jenis Pidato

Berdasarkan hakikat isi tuturannya, pidato dibedakan menjadi:

  1. Pidato pembukaan, merupakan pidato singkat yang disampaikan oleh pembaca acara atau mc.
  2. Pidato pembekalan, adalah pidato untuk memimpin suatu pertemuan.
  3. Pidato sambutan, yaitu pidato yang disampaikan pada suatu kegiatan atau acara tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu terbatas secara bergantian.
  4. Pidato pengukuhan, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  5. Pidato laporan, yaitu pidato yang isinya melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  6. Pidato akuntabilitas, adalah pidato yang memuat laporan pertanggungjawaban

Langkah Berpidato

Sebelum berpidato di depan umum, ada baiknya melakukan persiapan sebagai berikut:

  • Wawasan umum pendengar
  • Mengetahui lamanya waktu atau lamanya pidato yang akan disampaikan
  • Susun kata-kata yang mudah dimengerti.
  • Mengetahui jenis pidato dan tema acara.
  • Mempersiapkan bahan dan perlengkapan pidato, dll.


Demikian penjelasan singkat tentang bagian-bagian pidato. Mudah-mudahan artikel di atas juga menjawab pertanyaan contoh bagian isi pidato, mengapa bagian isi sangat penting dalam pidato, sebutkan fungsi bagian pendahuluan dalam sebuah pidato, tuliskan sebuah penutup pidato dalam acara ulang tahun sekolah, dan identifikasilah bagian-bagian pidato yang terdapat dalam penggalan pidato di atas.


Tag : Teks Pidato
0 Komentar untuk "Sebutkan Bagian-Bagian Teks Pidato"

Back To Top