Yang Menyebabkan Nabi Muhammad SAW. dan Para Sahabatnya Hijrah adalah

Ada pertanyaan, yang menyebabkan Nabi Muhammad SAW. dan para sahabatnya hijrah adalah
A. Di Mekah daerahnya terlalu panas
B. Di Mekah tidak pernah hujan
C. Di Mekah tidak pernah aman untuk berdakwah
D. Di Mekah banyak kafir Quraisy

Maka jawaban yang benar adalah D. Mengapa ? Penyebab Nabi Muhammad dan para sahabat hijrah adalah karena perintah Allah, dan Allah memerintahkan hijrah lantaran di makkah banyak kafir Quraisy yang menghalangi masyarakat untuk memeluk Islam.

Bukan itu saja, ada penyebab lainnya yang membuat Nabi dan sahabatnya hijrah. Faktor penting yang menyebabkan Rasulullah terdorong untuk hijrah dari Makkah ke Madinah, yakni sebagai berikut :

Siksaan kaum Quraisy kepada umat Islam semakin berat
Selama 13 tahun Nabi hidup di kota Mekah, ia dan para pengikutnya sering mengalami cobaan dan siksaan hebat yang begitu menyakitkan. Selain itu, hak untuk kemerdekaan juga disita, mereka diusir dan harta benda mereka disita.

Wafatnya istri dan paman Nabi
Setelah Khadijah meninggal, umat Islam menjadi lebih sedih. Setelah itu, paman Nabi, Abu Thalib, juga meninggal. Kematian Abu Thalib menyebabkan Nabi Muhammad kehilangan pelindung yang selalu melindungi dirinya dari berbagai bentuk ancaman.

Kepergian Abu Thalib memberikan kesempatan bagi Quraisy untuk melakukan tindakan yang menyebabkan kekacauan bagi Nabi Muhammad dan para pengikutnya. Orang-orang Quraish semakin tergila-gila dalam mengintimidasi orang-orang Muslim.

Adanya bai'at dari umat Islam di Madinah
Pada 621 M, ada 13 orang penduduk Madinah yang bertemu dengan Rasulullah di Bukit Aqaba. Mereka bersumpah untuk memeluk Islam. Acara ini disebut Bai'at Aqabah I. Pada tahun 622 M, ada sebanyak 73 orang dari Madinah ke Mekah yang terdiri dari suku Aus dan Khazraj yang awalnya mereka datang untuk melakukan haji, tetapi kemudian bertemu dengan Nabi dan mengundang dia harus pindah ke Medina. Mereka berjanji untuk membela Nabi dan pengikutnya serta melindungi keluarga mereka saat mereka melindungi anak-anak dan istri mereka. Acara ini disebut Bai'at Aqabah II.

Pemboikotan dari kaum Quraisy
Faktor lain yang mendorong Nabi untuk beremigrasi dari kota Mekah ke Madinah adalah boikot yang dilakukan oleh Kafir Quraisy kepada Nabi dan para pengikutnya (Banu Hashim dan Banu Muthallib). Boikot yang dibuat untuk mereka adalah :

  • Melarang setiap perdagangan dan bisnis dengan pendukung Nabi Muhammad SAW.
  • Tidak ada seorang pun yang berhak mengadakan ikatan perkawinan dengan orang muslim.
  • Melarang keras untuk bergaul dengan kaum muslim.
  • Musuh Nabi Muhammad harus didukung dalam berbagai keadaan bagaimana pun.

Itulah jawaban alasan yang menyebabkan Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah bersama beberapa nama khalifah/sahabat pendamping setia Nabi yang menemani dan membantu Nabi berhijrah ke Yatsrib/Madinah.

Tag : Islam
Back To Top