Terjemahan Kitab Tarikh Khulashoh Nurul Yaqin Jilid 1 (Juz 1)

Lagi nyari terjemahan Kitab Tarikh Khulashoh Nurul Yaqin jilid 1 atau terjemahan Kitab Khulashoh Nurul Yaqin juz 1 yang bisa dibaca secara online ? Kebetulan Saya akan menulis ulang terjemahannya. Adapun sumbernya Saya ambil dari website Archive.

Terjemahan Kitab Tarikh Khulashoh Nurul Yaqin Jilid 1


Terjemahan Kitab Tarikh Khulashoh Nurul Yaqin Jilid 1

MUQADDIMAH

Sekalian pujian bagi Allah yang telah memimpin hamba-hambaNya dengan jalan ceritera orang-orang dahulu dan menjadikannya sebagaisuatu pelajaran untuk orang-orang belakangan  sampai Hari Pemeriksaan.

Mudah-mudahan rahmat dan kesejahteraan limpah atas Penghulu kita, Muhammad, yang adalah hidupnya penuh dengan akhlaq-akhlaq yang mulia dan sipat-sipat yang baik; dan mudahan-mudah bercucuran rahmat dan kesejahteraan atas keluarganya dan sahabatnya yang menjadikan perjalanan Nabi  SAW sebagai pelita untuk penyiaran Agamanya sehingga mereka sampai ke dinding Tiongkok, di sebelah Timur, dan ke tengah-tengah Eropa, di sebelbh Barat.

Maka oleh karena perjalanan Rasulullah SAW itu adalah sebesar-besar pembersih jiwa-jiwa yang suka menurutkan hawa nafsu, sebesar-besar lapangan pelajaran yang menanam yang kuat, pancarannya yang bersih, kuat kemauan, berpegang kepada kebenaran, berhias dengan akhlaq-akhlaq yang tinggi dan sipat-sipat yang mulia dalam jiwa anak-anak, maka saya menganggap perlu meringkaskan beberapa pelajaran dan perjalanan Nabi SAW untuk murid-murid madrasah lbtidaiyah.

Dari antara kitab-kitab tarikh, yang saya pilih ialah kitab “NURUL-YAQIIN” tentang PERJALANAN PENGHULU bagian RASUL-RASUL, susunan Al-marhum Khudlari Bek, karena dalam meriwayatkannya, ia bersandar kepada Qur’an dan Hadits, karena masyhurnya antara umum dan yang tertentu, dan karena jauhnya dari perasaan cinta dan benci yang bisa menyebabkan hilang faedah perjalanan-perjalanan itu karena perasaan cinta kepada sesuatu itu menjadikan baik tiap-tiap yang tidak baik dan berusaha memutar-mutar kejadian-kejadian dengan jalan yang rendah, sehingga membawa kepada kejatuhan yang berbuatnya dan sia-sia, sedang perasaan benci kepada sesuatu, mengajak kepada sebalik dari itu, yaitu yang baik ia jadikan tidak baik dan dari yang baik ia keluarkan keburukan. Tiap-tiap satu pelajaran saya iringi dengan ringkasannya.

Kemudian saya memohon kepada Allah supaya Ringkasan Nurul-Yaqin ini la jadikan diterima orang, dan terpilih karena Allah; sesungguhnya la berkuasa atas apa-apa yang la kehendaki dan yang layak memperkenankan permohonan.

MASA YANG PERTAMA dari Penghidupan Rasulullah SAW

(1) PENGHULU KITA, MUHAMMAD

Beliau adalah utusan Allah kepada seluruh manusia, Penutup Nabi-Nabi dan Imam bagi Rasul-Rasul. Beliau membawa agama Islam yang Allah tidak akan terima selain dari padanya di Hari Qiamat. Beliau adalah dari keturunan bangsa Quraisy, yaitu satu puak yang termulia di Makkah. Nasab beliau bersambung dengan Nabi Isma’il bin Ibrahim ’alaihimas-salam (as).

Ringkasannya

Penghulu kita, Muhammad, ialah utusan Allah kepada sekalian manusia. Beliau membawa agama Islam, dan beliau bangsa Arab, Quraisy, dan keturunan ’Adnan.

(2) NASAB BELIAU DAN KEWAFATAN AYAH BELIAU

1. AYAH BELIAU, ’Abdullah bin ’Abdil-Muthalib bin Hasyim bin ’Abdi Manaaf bin Qushaiy bin Kilaab.

2. IBU BELIAU, Aminah binti Wahab bin ’Abdi Manaaf bin Zuhrah bin Kilaab.

3. Nasab ibu dan ayah beliau bertemu di datuk beliau yang kelima, yaitu Kilaab.

4. Ayah Nabi meninggal dunia sedang beliau dalam kandungan ibunya; umur ayah beliau 18 tahun, ditanam di Madinah serta tidak meninggalkan sedikitpun harta untuk Nabi SAW

Ringkasannya

Ayah beliau, ’Abdullah bin ’Abdul Muthalib, Ibu beliau, Aminah binti Wahb. Nasab kedua-duanya bertemu di datuk yang kelima. Ayah beliau meninggal dunia sedang beliau dalam kandungan.

(3) KELAHIRAN DAN PENYUSUAN NABI

1. Nabi dilahirkan di Makkah pada hari Senin tanggal 12 Rabi’ul Awwal, tahun Gajah:

2. Dinamakan tahun kelahiran beliau itu tahun Gajah, karena raja Habasyah mengirlm balatentara ke Makkah dalam tahun kelahiran beliau itu, untuk membinasakan Ka’bah; dan dalam pasukan itu ada banyak gajah. Lalu Allah membinasakan pasukan tentara itu sebagai suatu penghormatan kepada kelahiran Nabi SAW

3. Beliau disusui oleh Tsuwaibah Al-Aslamiyah, sesudah penyusuan ibu beliau. Tsuwaibah adalah pelayan paman Nabi yang bernama Abi Lahab. Kemudian beliau disusui oleh Halimah Sa’diyah sampai umur empat tahun.

Ringkasannya

Nabi dilahirkan di Makkah dalam tahun Gajah, dan disusui oleh Tsuwaibah Al-Aslami'yah, kemudian oleh Halimah As-Sa’diyah.

(4) KEMATIAN IBU NABI DAN YANG MENGASUH BELIAU

1. Ibu Nabi meninggal dunia, ketika Nabi berumurenam tahun, tatkala ia kembali dari Madinah.

2. Ibu beliau pergi ke Madinah itu untuk ziarah kubur bapa Nabi; bersama ibu beliau itu, turutlah datuknya, yaitu Abdul Muthalib

3. Ibu Nabi dikuburkan di Abwaa’, satu desa antara Makkah dan Madinah.

4. Lalu Nabi dipelihara oleh Ummu Aiman, seorang pelayan ayah beliau.

Ringkasannya

Ibu Nabi wafat ketika beliau berumur enam tahun dan di tanam di Abwaa’, lalu Nabi dipelihara oleh Ummu Aiman pelayan ayah beliau.

(5) PENDIDIKAN NABI DAN KEMATIAN DATUK BELIAU

1. Yang mengurus pendidikan Nabi sesudah ibunya meninggal dunia, ialah datuknya yang bernama Abdul Muthalib. Abdul Muthalib cinta kepada Nabi; lebih dari pada cintanya kepada anak-anaknya sendiri.

2. Ketika umur Nabi delapan tahun, meninggallah datuknya, sesudah ia menanggung pemeliharaan Nabi selama dua tahun.

3. Sesudah datuk Nabi ini meninggal dunia, pemeliharaan terhadap Nabi ditanggung oleh pamannya, bernama Abu Thalib. Ada yang berkata: Ummu Aiman yang turut bersama ibu Nabi, dan dialah yang membawa Nabi kembali ke Mekkah. Adalah Abu Thalib ini seorang miskin, lalu Allah luaskan rizqinya.

4. Adalah Nabi dalam masa tanggungan paman beliau ini, merasa cukup dengan apa-apa yang Allah bagikan kepada beliau dan mudahkan baginya.

Ringkasannya

Datuk Nabi, Abdul Muthalib, mendidik beliau, sesudah ibunya wafat. Datuk Nabi meninggal waktu Nabi berumur delapan tahun. Lalu paman Nabi, Abu Thalib, menanggung beliau.

(6) NABI MENGGEMBALA KAMBING DAN PELAYARANNYA YANG PERTAMA KE SYAM

1. Adalah Nabi SAW ketika kecilnya suka menggembala kambing orang-orang Makkah dengan suatu upahan yang beliau bisa hidup dengannya.

2. Tatkala sampai umur sembilan  tahun, Nabi berlayar ke Syam bersama paman beliau yang bernama Abu Thalib dengan membawa dagangan.

3. Tatkala sampai disuatu tempat yang bernama Bush.ra, seorang pendita bernama Buhaira melihat Nabi. Lalu pendito ini memberi tahu kepada pamannya, bahwa beliau akan menjadi Nabi yang terakhir dari antara nabi-nabi. Pendita itu meminta kepada pamannya supaya ia pulang membawa Nabi, karena takut kepada musuh yang menanti-nanti beliau

4. Pendita itu menetapkan kenabian nabi Muhammad itu, dari alamat-alamat yang tersebut dalam kitab-kitab ahli Kitab.

Ringkasannya

Adalah Nabi di waktu kecilnya menggembala kambing kepunyaan orang-orang Makkah. Beliau berlayar ke Syam bersama pamannya ketika berumur 9 tahun atau 13 tahun. Beliau dilihat oleh seorang pendita bernama Buhaira dan ia kenal tanda-tanda kenabian yang ada pada Nabi.

(7) PELAYARAN NABI YANG KEDUA KALINYA KE SYAM

1. Ketika berumur 25 tahun, Nabi SAW berlayar. kedua kalinya kenegeri Syam, membawa dagangan Siti Khadijah.

2. Adalah Khadijah seorang perempuan yang mulia, lagi berharta; ia mengupah orang laki-laki dalam menjalankan hartanya.

3. Khadijah memilih Nabi untuk pekerjaan itu, karena ia pernah mendengar tentang kebenaran Nabi SAW, tentang amanat-amanatnya dan tentang akhlaq-akhlaq beliau yang mulia.

4. Pelayan Khadijah bernama Maisarah, ikut bersama Nabi Kedua-duanya berjual beli dan kembali dengan membawa keuntungan yang besar.

Ringkasannya

Nabi berlayar ke Syam yang kedua kalinya dalam umur 25 tahun, membawa dagangan Siti Khadijah. Siti Khadijah adalah seorang perempuan yang mempunyai kekayaan dan kemuliaan. Ikut bersama Nabi, pelayan Khadijah, bernama Maisarah.

(8) PERKAWINAN NABI DENGAN SITI KHADIJAH

1. Sesudah 2 bulan sekembali Nabi dari pelayarannya yang kedua kali, lalu Nabi kawin dengan Siti Khadijah. (Khadijahlah yang meminang Nabi).

2. Di waktu itu Khadijah berumur 40 tahun, sedang Nabi 25 tahun.

3. Sebelum kawin dengan Nabi, Khadijah kawin dengan Abi Halah. Suaminya ini meninggal dunia dan ada meninggalkan seorang anak laki-laki bernama Halah.

4. la menjadi isteri Rasulullah selama 25 tahun dan tidak pernah Nabi kawin yang lain daripadanya, sehingga Siti Khadijah wafat.

Ringkasannya

Sesudah kembali selama 2 bulan, Nabi kawin dengan Siti Khadijah yang berumur 40 tahun. Sesudah berkawin dengan Abi Halah, Khadijah tinggal bersama Nabi 25 tahun lamanya.

(9) PUTUSAN NABI ANTARA KAUM QURAISY TENTANG PERLETAKAN AL-HAJARUL-ASWAD

1. Waktu Nabi berumur 35 tahun, kaum Quraisy meruntuhkan Ka’bah dan memperbaharui pembangunannya.

2. Nabi SAW menolong mereka dalam mendirikan Ka’bah itu, dan adalah Nabi mengangkat batu-batu bersama pemuka-pemuka Quraisy; dan pamannya yang bernama’Abbas beserta beliau.

3. Kaum Quraisy berselisihan tentang siapa yang harus menaruhkan Al-Hajarul-Aswad di tempatnya, kemudian mereka sepakat, bahwa pendamainya, ialah orang yang pertama masuk Masjidil-Haram.

4. Maka adalah Rasulullah orang yang pertama sekali masuk Masjid itu, lalu kaum Quraisy bergembira dan mereka berkata : “Kami ridla kepada ORANG YANG KEPERCAYAAN INI.

5. Maka Nabi letakkan batu itu di satu kain selendang dan beliau minta dari tiap-tiap ketua Quraisy supaja masing-masing memegang ujung selendang itu. Kemudian Nabi menyuruh mereka mengangkat batu tadi. Tatkala mereka sampaikan dia di tempatnya, Rasulullah mengambil batu itu dengan tangan beliau sendiri, dan meletakkan di tempatnya dengan tangan beliau sendiri. Dengan begini hilanglah perselisihan dalam penetapan urusan itu, serta kaum Quraisy ta’ajub akan kecerdasan fikiran Nabi.

Ringkasannya

Tatkala umur Nabi 35 tahun, kaum Quraisy membaharui pendirian Ka'bah, dan mereka jadikan Nabi sebagai hakim untuk meletakkan Al-Hajarul-Aswad pada tempatnya, lalu Nabi laksanakannya dengan bijaksana dan beliau putuskan perselisihan itu dengan baik.

 (16) BABAT HIDUP NABI SAW

1. Nabi SAW termasyhur antara kaumnya dengan sifat beliau yang terpuji, seperti: benar, amanat, sabar, malu, rendah diri, sehingga mereka gelarkan beliau AL-AMIN (artinya: Orang yang kepercaya, orang yang bersifat amanat).

2. Qatim dan keluarga Nabi cinta sangat kepada beliau, dan mereka sangat pula menghormati beliau.

3. Sesungguhnya Allah telah pelihara Nabi SAW dari perbuatan-perbuatan orang Jahiliyah yang tidak baik semenjak dari masa kecilnya; beliau tidak pernah sekali-kali minum arak dan tidak pernah sekali-kali sujud kepada berhala (patung).

4- Sebelum menjadi Nabi, Allah telah muliakan beliau dengan beberapa mu’jizat yang menunjukkan kebesaran masa dihadapan beliau; dari antara mu’jizat-mu’jizat itu, ialah dimudahkan adanya awan bagi Nabi dalam pelayaran beliau yang kedua kalinya ke negeri Syam.

Ringkasannya

Dalam masa hidupnya, beliau terkenal dengan akhlaq-akhlaq yang utama. Adalah kaumnya cinta kepada Nabi, dan Allah pelihara beliau dari amal-amal orang jahiliyah.

(II) PENGHIDUPAN NABI TIDAK BERAPA LAMA SEBELUM MENJADI RASUL

1. Tatkala hampir sampai umur 40 tahun, Nabi suka sekali berjauh diri dari pergaulan dengan manusia serta beribadah.

2. Nabi pilih tempat ibadah di gua Hiraa’, yaitu sebuah gunung di jalanan Makkah.

3. Nabi membawa bekalan ke gua itu. Apabila bekalannya itu habis, Nabi kembali kepada isteri beliau, Siti Khadijah, lalu mengambil bekalan lagi.

4. Adalah Nabi SAW menjalankan ’ibadah itu menurut Agama datuk beliau, yaitu nabi Ibrahim, dari sepuluh hari sampai sebulan lamanya.

Ringkasannya.

Tatkala hampir sampai umur 40 tahun mulailah Nabi suka mengasingkan diri. Adalah beliau melakukan ibadahnya itu di gua Hiraa’ menurut agama nabi Ibrahim.

RINGKASAN MASA YANG PERTAMA

Penghulu kita, Muhammad bin ’Abdillah dan Aminah Al-Qurasyiah, ialah penutup sekalian nabi-nabi dan utusan Allah kepada semua manusia, supaya mereka menyembah kepada Allah semata-mata, dan supaya mdreka tidak menyekutukan sesuatu dengan Allah.

Dilahirkan Nabi SAW di Makkah, pada hari Senin, tanggal 12 Rabi’ul-Awwal. Ayah beliau meninggal sebelumbeliau dilahirkan dan dikuburdi Madinah. Lalu ibunya yang mengasuh beliau. Sesudah ibunya, beliau di susui oleh Tsuwaibah Al-Aslamiyah, kemudian oleh Halimah As-Sa’diyah.

Pada umur 6 tahun, meninggallah ibu Nabi di Abwaa’, lalu beliau di pelihara oleh Ummu Aiman dan di tanggung oleh datuknya. Pada umur 8 tahun, meninggallah pula datuknya, lalu beliau di tanggung oleh pamannya, yaitu Abu Thalib.

Ketika berumur 9 tahun, berlayarlah Nabi bersama pamannya, Abi Thalib, kenegeri Syam. Seorang pendita bernama Buhairaa melihat Nabi dan mengenal akan beliau.

Pada masaumur 25 tahun, Rasulullah SAW berlayar dengan membawa dagangan Siti Khadijah; dan sesudah kemhalinya dua bulan, Nabi kawin dengan Khadijah, sedang Siti Khadijah, waktu itu, berumur 40 tahun.

Ketika berumur 35 tahun, beliau bersatu dengan kaum Quraisy dalam mendirikan Ka’bah, dan beliau memberi putusan di antara mereka tentang perletakan Al-Hajarul Aswad di tempatnya.

Beliau termasyhur antara kaumnya dengan sifat-sifatnya yang terpuji. Mereka cinta kepadanya dan menghormatinya, hingga mereka gelarkan beliau “A!-Amin”.

Sesungguhnya Allah telah memelihara Nabi dari amal-amal orang Jahiliyah. Beliau suka menjauhkan diri dari pergaulan dengan manusia ketika umurnya hampir 40 tahun. Adalah Nabi suka menjalankan ibadahnya di gua Hiraa menurut agama datuknya, yaitu nabi Ibrahim.

MASA YANG KEDUA dari Kehidupan Rasulullah SAW

(12) PERMULAAN TURUN WAHYU

1. Tatkala berumur 40 tahun. diutuslah beliau oleh Allah sebagai penyampai kabar gembira, penyampai ancaman, pengajak kepada kebenaran dengan perintah Allah dan sebagai lampu yang menerangi.

2. Sesungguhnya dimulai wahyu dengan impian yang benar, yaitu: tidak suatu punyang Nabi impikan dalam tidurnya, melainkan ternyata benar di waktu jaganya.

3. Kemudian turunlah Ar-ruhul-Amin (Jibril) kepada Nabi ketika beliau sedang melakukan ibadah dalam gua Hiraa’.

4. Jibril mengajar Nabi bagaimana hendaknya beliau memimpin manusia ke jalan yang lurus dan bagaimana mestinya Nabi tuntun mereka supaya menurut agama yang benar.

Ringkasannya

Allah utus Rasulullah kepada manusia waktu beliau berumur- 40 tahun. Wahyunya dimulai dengan impian yang baik.

(13) KEADAAN BANGSA ARAB SEBELUM ISLAM

1. Orang-orang Arab sebelum kedatangan Islam, adalah orang-orang yang menyekutukan Allah (musyrikin), yaitu mereka menyembah patung-patung dan menganggap patung-patung itu Tuhan.

2. Kebiasaan mereka ialah membunuh anak laki-laki mereka karena takut kemiskinan dan kelaparan.

3. Mereka tanam anak-anak perempuan mereka hidup-hidup karena takut malu dan celaan.

4. Adalah mereka orang-orang yang suka berselisihan, yang suka bertengkar; lantaran sekecil-kecil sebab, segolongan dari mereka memerangi akan segolongannya.

Ringkasannya

Sebelum di bangkitkan Nabi SAW adalah bangsa Arab selalu berselisihan dan bertengkaran; segolongan mereka membunuh akan segolongannya. Umumnya mereka itu kaum musyrik. Mereka bunuh anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan mereka.

(14) AJAKAN DENGAN TIDAK TERANG-TERANGAN

1. Tatkala turun ayat Quraan:  Artinya : Hai orang yang berselubung! Bangun! lalu ancamlah; Tuhanmu, hendaklah engkau agungkan; pakaianmu, hendaklah engkau bersihkan; kotoran, hendaklah engkau tinggalkan; jangan engkau unjukkan kebaikanmu supaya engkau dapat menerima banyak, dan terhadap Tuhanmu, hendaklah engkau berlaku sabar. Mulailah Nabi mengajak manusia dengan tidak terang-terangan.

2. Beliau mengajak keluarga rumah tangganya dan kawan-kawannya yang beliau percayai, yang percaya pula kepada kebenaran beliau.

3. Nabi mengajak mereka menyembah kepada Allah semata-mata, belas kasihan kepada manusia, bersatu dan meninggalkan peperangan.

4. Nabi mulai ajakan beliau dengan tidak berterang-terangan karena khawatir sergapan manusia terhadap suatu perkara yang belum pernah mereka ketahuinya dan yang belum pernah pula mereka mendengarnya.

Ringkasannya

Nabi memulai ajakannya dengan tidak terang-terangan. Terlebih dahulu beliau mengajak kaum kerabatnya kepada tauhid persatuan dan belas kasihan kepada orang-orang yang lemah.

(15) ORANG YANG PERTAMA BERIMAN

1. Perempuan yang pertama beriman kepada Nabi SAW, ialah Siti Khadijah; ia betul-betul percaya kepada kebenaran Nabi, tatkala tampak olehnya tanda-tanda kenabian Rasulullah, semenjak pelayaran Nabi bersama pelayannya yang bernama Maisarah.

2. Orang laki-laki yang pertama-tama beriman kepada Nabi, ialah Abu Bakar Ash-shiddiq; sebelum beliau jadi Nabi, adalah ia sebagai kawan rapat beliau, dan tidak pernah beliau dapati ia berdusta. Yang kedua, ialah Zaid bin Haritsah; ia seorang hamba Nabi SAW, lalu beliau merdekakan dia.

3. Anak-anak yang pertama beriman kepada Nabi, ialah Ali bin AbiThalib; ia misanan Rasul.

4. Abu Bakar pula mengajak orang-orang yang ia cintai dan mereka cinta kepadanya. Banyak sekali yang menurut ajakkannya; diantara mereka, ialah Utsman bin ’Affan, khafifah yang ketiga dari Khulafaur rasyidin, dan Zubair bin 'Awwam.

Ringkasannya

Pertama orang yang percaya kepada Nabi, adalah: Siti Khadijah, Abu Bakar Ash-shiddiq, Ali bin Abi Thalib. Kemudian Abu Bakar mengajak kawan-kawannya seperti Utsman bin Affan dan Zubair bin Awwam, lalu mereka juga beriman kepada Nabi.

(16) AJAKAN DENGAN TERANG-TERANGAN

1. Ajakan dengan tidak terang-terangan itu berlaku selama tiga tahun. Di antara tiga tahun ini banyak bangsawan dan pembesar yang masuk Islam.

2. Sesudah itu, Rasulullah di perintah mengajak manusia dengan terang-terangan dengan firman Allah Ta’ala: Artinya : Maka katakanlah terang-terang apa yang engkau diperintah, dan berpalinglah dari oran-orang musyrik.

3. Lalu Nabi naik bukit Shafaa dan menyeru kaum beliau. Tatkala mereka berkumpul, Nabi bertanya kepada mereka:  Apakah kamu membenarkan aku tentang apa-apa yang aku kabarkan kepada kamu?” Mereka semua menjawab: “Ya, tidak pernah kami dapati engkau berdusta, dari mulai kecilmu sampai sekarang”. Rasulullah bersabda: “Lepaskanlah diri kamu dari siksaan api neraka; sesungguhnya aku seorang pengancam azab yang pedih kepada kamu”.

4. Paman Nabi, Abu Lahab, berkata kepada beliau: “Celakalah engkau, hai Muhammad! Apakah hanya untuk ini saja engkau kumpulkan kami?” Lalu Allah turunkan Surah Al-Lahab tentang diri Abi Lahab tersebut, yaitu yang artinya: “Rugilah hendaknya diri Abi Lahab, dan sebenarnya ia telah rugi .

Ringkasannya

Sesudah tiga tahun Nabi mengajak dengan sembunyi-sembunyi beliau diperintah supaya berterang-terangan. Maka Nabi kumpulkan kaumnya dan memberi tahu kepada mereka tentang azab akhirat.

(17) NABI KUMPULKAN KELUARGANYA

1. Tatkala turun firman Allah: “Dan ancamlah keluarga-mu yang hampir dekat”, Nabi mengumpulkan ahli beliau dan kaum keluarganya.

2. Nabi sampaikan kepada mereka wahyu Tuhan-nya dan beliau memberi tahu kepada mereka akan azab suatu hari yang besar, yaitu hari yang tidak berguna padanya harta dan tidak pula anak-anak.

3. Maka kaum kerabat Nabi itu omong dengan omongan yang menjadi musuh beliau yang sangat.

4. Paman beliau ini menjawab dengan jawaban yang buruk, dan ia minta kepada mereka supaya menangkap Rasulullah, tetapi Abu Thalib berkata kepadanya: “Demi Allah! sesungguhnya kita akan menjaga dia selama kita tinggal di sini.

Ringkasannya

Tatkala turun Ayat lalu beliau kumpulkan ahlinya dan kerabatnya dan menyampaikan kepada mereka wahyu Tuhan-nya. Maka ajakan itu di jawab oleh Abu Lahab dengan satu jawaban yang tidak baik.

 (18) PANAS HATI KAUM QURAISY KEPADA NABI SAW

1. Kecintaan kaum Quraisy kepada Nabi bertukar menjadi kebencian; kedekatan mereka kepada beliau menjadi jauh; kebenaran Nabi menjadi dusta dan amal pekerjaan Rasulullah menjadi ejekan.

2. Yang demikian itu terjadi semenjak Nabi mengajak mereka menyembah kepada Allah, mencela tuhan-tuhan mereka dan menyesatkan tiap-tiap orang yang menyembah akan berhala-berhala itu.

3. Mereka pergi kepada paman Nabi dan meminta kepadanya supaya ia melarang Nabi mencela tuhan-tuhan mereka dan menyesatkan bapa-bapa mereka.

4. Paman Nabi menjawab permintaan mereka itu dengan satu, jawaban yang baik, sedang Rasulullah tetap menyiarkan Agama dan meninggikan kalimah kebenaran.

(19) KEDATANGAN QURAISY YANG KEDUA KALI KEPADA ABI THAALIB

1. Tatkala kaum Quraisy lihat Nabi SAW tetap dalam menyiarkan ajakan beliau, dan melihat pembelaan paman Nabi kepada beliau, pergifah mereka yang kedua kaiinya kepada paman Nabi itu.

2. Mereka berkata kepada paman Nabi: “Kami tidak bisa sabar atas makian kepada bapa-bopa kami, membodohkan kami dan mencela berhala-berhala kami. Hendaklah engkau melarang anak keponakan-mu atau engkau izinkan kami menegah dia.

3. Rasulullah dipanggil oleh paman beliau dan ia minta supaya Nabi berhenti dari ajakannya, karena takut gangguan Quraisy atas beliau, tetapi Rasulullah enggan.

4. Nabi berkata : “Demi Allah! sekali-kali aku tidak akan meninggalkan urusan ini, sehingga Allah menangkan dia atau sehingga aku binasa karenanya.

5. Pamannya berkata kepada beliau: “Pergilah dan katakanlah apa yang engkau suka. Demi Allah! aku tidak akan menyerahkan engkau selama-lamanya.

Ringkasannya

Kaum Quraisy pergi kepada paman Nabi yang kedua kaiinya minta supaya ia melarang Nabi memaki berhala-berhala mereka, tetapi mereka tidak kuasa menegah Nabi malah beliau terus mengajak manusia.

(20) KEDATANGAN KAUM QURAISY YANG KETIGA KALINYA KEPADA ABI THAALIB

1. Tatkala kaum Quraisy melihat bahwa Abu Thalib tidak mau menegah anak saudaranya, pergilah mereka kepadanya dengan ’Umarah bin Al-Walid.

2. Mereka berkata kepadanya: “Ambillah anak muda ini sebagai anakmu, dan serahkan kepada kami keponakanmu untuk kami bunuh dia.

3. Paman Nabi berkata kepada mereka: “Alangkah buruknya permintaan kamu! Patutkah kamu memberikan kepadaku anak kamu untuk aku mendidik dia, tetapi aku memberikan kepada kamu anakku untuk kamu bunuh dia?

4. Lalu mereka kembali dengan hampa tangan, sedang Rasulullah tetap terus menyiarkan Islam, serta pamannya membela beliau.

Ringkasannya

Kaum Quraisy pergi yang ketiga kaiinya kepada paman Nabi SAW dan mereka minta supaya ia menyerahkan Nabi kepada mereka, tetapi pamannya bodoh-bodohkan mereka dan tidak perkenankan permintaan mereka.

(21) GANGGUAN KAUM QURAISY KEPADA RASULULLAH SAW

1. Mulailah kaum Quraisy mengganggu Rasul dan mengejek beliau, terutama sekali ketika Nabi pergi sembahyang, sesudah mereka melihat Nabi terus tetap dalam ajakan beliau dan melihat pembelaan paman Nabi kepada beliau.

2. Adalah Rasulullah SAW menghadapi mereka dengan sipat tidak lekas marah, sabar, lemah-lembut dan suka memaafkan.

3. Orang yang sangat mengganggu Nabi, adalah Abu Jahal, Abu Lahab, ’Uqbah bin Abi Mu’aith dan Al-Walid bin Mughirah.

4. Sesungguhnya Allah telah mernbalas  pengejek-pengejek itu, sesudah hijrah Nabi; dari antara mereka ada yang terbunuh dan ada yang binasa karena penyakit-penyakit.

Ringkasannya

Kaum Quraisy mulai menyakiti Rasulullah SAW, tetapi Nabi menghadapi mereka dengan tenang dan sabar. Musuh-musuh beliau yang hebat, ialah:  Abu Jahal, Abu Lahab, dan ’Uqbah bin Abi Mu’aith.

(12) GANGGUAN QURAISY KEPADA SAHABAT NABI

1. Tatkala kaum Quraisy melihat Nabi di hargakan orang dan di hormati, berhentilah mereka daripada mengganggu beliau.

2. Berpindahlah mjereka mengganggu sahabat-sahabat Nabi, lebih-lebih orang-orang lemah yang tidak mempunyai pembela-pembela.

3. Maka tiap-tiap qabilah menyiksa orang yang masuk Islam dari golongan mereka, dengan penjara, pukulan, memboikot makanan dan minuman, sehingga kejadian seorang dari antara mereka tidak berkuasa duduk dan tidak tahu apa yang ia katakan karena sangatnya siksaan.

4. Setengah dari orang-orang yang mereka siksa, ialah Bilq ’Ammar bin Yasir, saudaranya, bapanya dan ibunya, dan Khabbab bin Arat.

Tuannya yang bernama Umaiyah mengikat lehernya dengan tali dan di serahkannya kepada anak-anak yang memain-mainkannya, tetapi Bilal berkata: “Allah yang Satu, Allah yang Satu”.

Umaiyah bawa dia kebatu-batu kecil yang sangat panas, yang mana kalau di letakkan dl atasnya sepotong daging, tentu masaklah daging itu, kemudian ia suruh membawa batul besar lalu di letakkannya atas dada Bilal, lalu ia berkata kepada Bilal:  “Engkau akan tetap begini sehingga engkau mati atau engkau tidak percaya Muhammad”, tetapi Bilal tetap saja begitu sehingga Abu Bakar membeli dia dan memerdekakannya.

Ringkasannya

Tatkala gangguan kepada Muslimin bersangatan, Nabi memerintah mereka berhijrah ke Habsyah. Lalu berhijrah 10 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Mereka kembali sesudah 3 bulan.

(25) HAMZAH DAN 'UMAR MASUK ISLAM

1. Dalam tahun yang kelima, masuklah Islam 2 orang laki-laki dari antara pemuka-pemuka Quraisy; ke dua-duanya masyhur kekuatan dan keberanian mereka.

2. Ke dua-duanya itu, ialah Hamzah, paman Nabi SAW dan ’Umar bin AI-Khathab, yang ke dua ari Khulafaurrasyidin.

3. Adalah ’Umar, sebelum masuk Islam, sebesar-besar penentang Islam, dan sebesar-besar penuntut-bela terhadap yang masuk Islam. Lalu Allah muliakan Islam dengan keIslamannya.

4. Adalah orang-orang Islam pada ketika itu sebanyak 40 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.

Ringkasannya

Pada tahun yang ke lima dari kenabian nabi Muhammad, Allah kuatkanlah Islam dengan tenaga ’Umar bin AI-Khathab dan Hamzah bin ’Abdil Muthalib, paman Nabi SAW

(26) DIKEPUNG NABI DAN AHLI RUMAHNYA

1. Tatkala orang-orang Quraisy melihat Islam tersiar di antara qabilah-qabilah, mereka mengambil keputusan membunuh Nabi SAW

2. Mereka kepung beliau dan ahli rumahnya di Syi’ib dan meeka tahan makanan-makanan untuk Nabi dan keluarganya, dan mereka bersetujuan memutuskan tidak mau menerima perdamaian dari pihak Nabi sekali-kali, melainkan apabila golongan Nabi menyerahkan beliau kepada mereka untuk dibunuh.

3. Apa-apa yang mereka sudah setujui, mereka tulis disatu lembaran yang mereka gantungkan di Ka’bah.

4. Kejadian yang demikian adalah dalam tahun ke tujuh dari kenabian nabi Muhammad.

Ringkasannya

Tatkala tersiar Islam, kaum Quraisy mengepung Nabi, keluarganya dan sahabat-sahabatnya di Syi’ib Makkah, dan mereka tahan makanan-makanan selama tiga tahun, dan mereka bersetuju akan membunuh Rasulullah SAW

(27) HIJRAH KE HABASYAH YANG KE DUA KALINYA

1. Sesudah Nabi dan kaum beliau masuk di Syi’ib, maka Nabi perintah semua orang Islam berhijrah ke Habasyah.

2. Maka berhijrahlah 73 orang laki-laki dan 11 orang perempuan; dari antara mereka ada Ja’far bin Abi Thalib.

3. Orang-orang Islam Yaman menyusul mereka; di antaranya ialah Abu Musa Al-Asy’ari dan anak-anak pamannya.

4. Hijrah ini terjadi dalam tahun yang ketujuh dari kenabian Rasulullah SAW

Ringkasannya

Sesudah Nabi SAW masuk Syi’ib pada tahun yang ke tujuh, beliau perintah orang-orang Islam berhijrah yang kedua kalinya ke Habasyah. Lalu berhijrahlah 73 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Mereka disusul oleh orang-orang Muslim Yaman.

(28) RAJA HABASYAH MASUK ISLAM

1. Tatkala orang-orang Quraisy mengetahui bahwa kaum Muslimin berhijrah ke Habasyah, mereka utus dua orana laki-laki dengan membawa hadiyah-hadiyah, merninta dari Raja itu supaya ia mengembalikan orang-orang yang berhijrah dari antara orang-orang Islam.

2. Najasyi enggan menyerahkan mereka itu, sesudah Ja’far bin Abi Thalib mengabarkan kepadanya tentang hakekat agama, Islam dan membacakan permulaan Surah Maryam.

3. Ke dua-duanya kembali dengan tidak berhasil masuknya, dan Najusyi bersama padri-padri dan pendeta-pendeta masuk Islam di waktu itu (tahun ke tujuh dari kenabian).

4. Maka tentang mereka ini Allah turunkan Ayat: “Dan sesungguhnya engkau akan dapati orang- orang yang paling dekat percintaan mereka kepada orang-orang yang beriman itu, ialah orang-orang berkata: “Kami ini orang- orang Nashrani; yang demikian itu karena di antara mereka ada padri-padri dan pendeta-pendeta, sedang mereka itu tidak bersombong diri (Al-Maidah 85).

5. Kemudian meninggallah Najasyi, lalu Rasulullah SAW. menyembahyangkannya, tatkala Jibril memberi tahu kepada beliau tentang kematiannya. Dan inilah permulaan sembahyang janazah terhadap orang yang ghaib.

Ringkasannya

Kaum Quraisy mengirim dua orang utusan ke Najasyi minta supaya Najasyi mengusir kaum Muslimin dari negerinya, tetapi ia tidak kerjakan, malah ia dan pengikutnya masuk Islam. Kemudian Najasyi meninggal dunia, lalu Rasulullah SAW menyembahyangkan ghaib atasnya.

(29) NABI KELUAR DARI KEPUNGAN

1. Dalam tahun ke sepuluh dari kenabian, bersepakatlah lima orang kaum Quraisy yang kenamaan, lalu mereka merombak surat perjanjian itu.

2. Lalu Nabi SAW dan sahabat-sahabatnya keluar dari kepungan itu, sesudah mereka tinggal di Syi’ib kurang lebih tiga tahun.

4) Pertama yang beromong dari antara mereka, ialah Zuhair. la berkata: “Hai ahli Makkah! Apakah patut kita makan dan memakai pakaian, sedang Banu Hasyim dan Muthalib binasa, mereka tidak bisa berjual-beli ? Demi Allah aku tidak akan diam sebelum surat yang meliwati batas betul-betul itu dikoyak”. Lalu ucapannya ini dikuatkan oleh empat orang yang lain. Abu Jahal berkata kepada mereka: “ini satu urusan yang mesti diselesaikan di waktu malam”. Mereka berembuk tentang itu di lain tempat.

3. Tidak sedikitpun makanan yang sampai kepada mereka melainkan dengan jalan sembunyi, sehingga terpaksa mereka makan daun-daun pohon.

4. Adalah Nabi telah mengabarkan lebih dahulu, bahwa surat perjanjian itu telah dimakan anai-anai; tatkala kaum Quraisy menurunkannya untuk dikoyak, mereka dapati sebagaimana yang dikabarkan oleh Nabi SAW

Ringkasannya

Dalam tahun yang ke sepuluh dirombak surat perjanjian itu. Lalu keluar Nabi dari kepungan sesudah tiga tahun?

(30) UTUSAN NAJRAAN

1. Dalam tahun ke sepuluh datanglah kepada Nabi utusan dari Nashrani Najran.

2. Kabar tentang Nabi, sampai kepada mereka itu, dari perantaraan orang-orang yang berhijrah ke Habsyah; banyaknya mereka itu 20 orang iaki-laki.

3. Rasulullah SAW membacakan Quran kepada mereka, lalu mereka itu semua beriman.

4. Abu Jahal mengancam mereka masuk Islam. Mereka berkata kepadanya: “Bagi kamulah apa yana kamu pegangi, dan bagi kamilah apa yang kami pilih”.

Ringkasannya

Dalam tahun itu, datanglah sebagian dari Nashrani Najran kepada Nabi sebagai utusan. Mereka dengarkan Qur-an, mereka masuk Islam.

(31) WAFAT KHADIJAH — PERKAWINAN DENGAN SAUDAH DAN ’AISYAH R.A.

1. Dalam tahun ke sepuluh dari kenabian, meninggallah Siti Khadijah; Rasulullah SAW sangat berduka cita atas kematiannya, karena Khadijah sangat cinta kepada Nabi dan karena ialah yang menahan gangguan-gangguan Quraisy kepada beliau.

2. Lalu sesudah wafatnya, Nabi kawin dengan Saudah yang di tinggal mati oleh suaminya. Adalah ia seorang perempuan yang sudah lebih dahulu beriman kepada Allah dan Rasul- Nya dan menyalahi kaum kerabatnya.

3. Sesudah satu bulan, lalu Nabi akad dengan ’Aisyah. anak Abu Bakar Shiddiq; ketika itu ia berumur 7 tahun.

4. Tidak pernah Nabi kawin dengan perawan selain 'Aisyah dan Nabi bercampur dengannya di Madinah.

Ringkasannya

Pada tahun yang kesepuluh meninggallah Siti Khadijah; lalu sesudah wafatnya, Nabi kawin dengan Saudah, kemudian dengan ’Aisyah sedang ia masih berumur 7 tahun, dan Nabi bercampur dengannya di Madinah.

(32) PAMAN NABI WAFAT

1. Sesudah Siti Khadijah meninggal kira-kira satu bulan, wafatlah paman beliau, Abu Thalib; Rasulullah SAW berdukacita atasnya.

2. Tahun itu Nabi namakan TAHUN DUKACITA, karena dalam tahun itu Nabi kehilangan isteri dan paman beliau.

3. Adalah pamannya percaya kepada kebenaran yang dibawa oleh Rasul SAW, hanya ia tidak pernah mengucapkan pe- ngakuannya sampai akhir masa hidupnya, karena takut celaan Quraisy.

4. Tentang dirinya diturunkan Ayat: “ Sesungguhnya engkau tidak bisa memberi pe tunjuk kepada orang yang engkau cintai, tetapi Allahlah yang memimpin siapa-siapa yang la kehendaki.” (Qoshash 56)

Maka kita berdo’a kepada Allah supaya diringankan siksaan daripada-nya; juga kaum kerabat Nabi yang lain-lainnya.

Ringkasannya

Dalam tahun itu, meninggallah paman beliau, Abu Thalib dan ia adalah sebesar-besar penolong Nabi, tetapi ia tidak masuk Islam karena takut celaan kaumnya.

(33) GANGGUAN QURAISY KEPADA NABI SAW

1. Sesudah isteri dan paman Nabi meninggal, mulailah orang-orang Quraisy mengganggu beliau.

2. Mereka taburkan pasir atas beliau, dan mereka taruh kotoran-kotoran binatang atas Nabi ketika beliau sembahyang.

3. Sekali-sekali mereka gantungi beliau sambil berkata kepadanya: “Engkaulah yang mau menjadikan tuhan-tuhan kami sebagai Tuhan satu”.

4. Maka majulah Abu Bakar dan melepaskan beliau dari gangguan mereka, dan ia berkata kepada mereka: “Apakah kamu hendak membunuh seorang karena ia berkata Tuhanku ialah Allah?”

Ringkasannya

Bersangatan gangguan kaum Quraisy kepada Nabi SAW sesudah wafat isteri dan paman beliau, sehingga mereka ber- maksud hendak membunuh beliau.

(34) HIJRAH KE THAIF

1. Tatkala Rasulullah SAW melihat penghinaan Quraisy kepada beliau, berhijrahlah beliau ke Thaif dalam tahun ke sepuluh bersama Zaid bin Haritsah.

2. Nabi menuju ke kaum Tsaqif dan meminta pertolongan dari mereka untuk melawan kaumnya.

3. Permintaan Nabi ini mereka tolak dengan penolakan yang jelek, mereka perintahkan orang-orang jahat dan hamba-hamba mereka memaki Nabi, dan mereka lempar beliau dengan batu, sehingga mengalirlah darah dari urat-urat kakinya.

4. Adalah Zaid bin Haritsah yang menahan batu-batu dari Nabi, sehingga beberapa batu melukai kepalanya

5. Tatkala sudah tidak dapat hasil baik dari mereka, kembalilah Nabi ke Makkah, sesudah beliau tinggal sebulan di antara mereka.

Ringkasannya

Tatkala bersangatan gangguan kepada Nabi SAW berhijrahlah beliau ke Thaif bersama Zaid bin Haritsah; beliau ajukan halnya itu kepada kaum Tsaqif, tetapi mereka tolaknya dengancara yang tidak baik dan mereka sakiti beliau. Adalah Zaid yang menahan gangguan-gangguan.

(35) ISRA’ DAN MI’RAJ NABI SAW

1. Pada tahun kesebelas, Allah muliakan beliau dengan Isra’ dan Mi’raj.

2. Isra’ itu, ialah menujunya Nabi SAW pada waktu malam, dari Masjidil-Haram ke Masjidil-Aqsha.

3. Dan Mi’raj itu, ialah naiknya Nabi SAW ke’alam atasan dan padanya diwajibkan sembahyang yang lima.

4. Pada pagi-pagi dari malam Isra’ itu, Jibril mengajarkan sembahyang dan waktu-waktunya kepada Nabi SAW

Ringkasannya

Dalam tahun ke sebelas, Allah muliakan beliau dengan Isra dan Mi’raj, dan padanya di wajibkan sembahyang yang lima

(36) MENGAJAK BEBERAPA PUAK KEAGAMA

1. Adalah Rasuiullah SAW mengajak kaum Quraisy ke Agama, selama 10 tahun dengan halus dan lemah-imbut; tatkala Nabi melihat kekerasan perlawanan mereka, kepanasan hati mereka kepada beliau, dan halangan mereka akan penyiaran Agama.

2. Keluarlah Nabi pada tahun yang kesebelas dari kenabian, ke qabilah-qabilah di pasar-pasar mereka.

3. Nabi mengajak mereka kepada Agama; di antara mereka ada yang menolak dengan cara yang tidak baik, dan ada yang menolak dengan cara yang baik.

4. Dari antara orang-orang yang paling tidak baik penolakannya, ialah Banu Hanifah, golongan Musailimatul Kadz-dzab

Ringkasannya

Di tahun ini Nabi ajukan dirinya kepada beberapa puak di pasar-pasar mereka. Sebagian dari mereka memperkenankan ajakannya dan sebagian lagi menolak dengan cara yang tidak baik.

(37) PERMULAAN ISLAM KAUM ANSHAR

1. Dalam tahun yang kesebelas, datanglah 6 orang dari Arab Yatsrib  ke Makkah untuk Hajji.

2. Nabi mengajak mereka ke agama Islam, dan mengajak mereka menolong beliau dalam menyiarkan agama Tuhannya.

3. Lalu mereka beriman kepada beliau dan membenarkan beliau, dan mereka berkata di antara mereka sendiri: “Demi Allah, sesungguhnya ialah Nabi yang orang-orang Yahudi janjikan kepada kita. Janganlah mereka mendahului kita kepada beriman kepadanya”.

4. Tatkala mereka kembali ke negeri mereka, mereka terangkan kepada kaum mereka hal Rasul SAW, dan mereka mengajak orang-orang itu memeluk Islam. Lalu tersiarlah sebutan Nabi di negeri-egeri. Inilah dia permulaan orang- orang Arab Yatsrib masuk Islam.

Ringkasannya

Dalam tahun ini, 6 orang dari Arab Yatsrib masuk ke Makkah untuk berhaji, lalu mereka masuk Islam, dan mereka siarkan nama Rasuiullah SAW di Madinah.

(38) BAI’AH ’AQABAH YANG PERTAMA

1. Dalam tahun yang ke dua belas datanglah 12 orang dari Arab Madinah.

2. Mereka berkumpul bersama Rasulullah SAW dekat ’Aqabah yang pertama, dan bermubaya’ah untuk menyiarkan Islam dengan beberapa syarat

3. Yaitu: mereka tidak menyekutukan sesuatu-dengan Allah, mereka tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak- anak mereka, tidak berbuat dusta yang di ada-adakan sendiri, tidak berdarhaka dalam kebaikan; maka jika mereka sempurnakan, adalah bagi mereka itu suwarga, tetapi bila- mana mereka berbuat sesuatu dari itu maka urusan mereka terserah kepada Allah: jika la di kehendaki la ampunkan mereka, dan jika la mau, la siksa mereka.

4. Tatkala mereka kembali ke negeri mereka, Nabi utus bersama mereka  seorang buat mengajarkan Islam kepada mereka dan memal>amkan Agama kepada mereka. Lalu tersiarlah Islam dengan sebab mereka itu, sehingga tidak ketinggalan satupun rumah dari rumah-rumah di adinah, melainkan di dalamnya ada sebutan Islam.

Ringkasannya

Dalam tahun yang keduabelas datanglah 12 orang laki-laki dari Madinah. Mereka bermubaya’ah kepada Nabi di 'Aqabah, lalu mereka pulang dan menyiarkan Agama di Madinah.

(39) AQABAH YANG KEDUA

1. Dalam tahun ketiga-belas dari ke-nabian, datang kepada Rasul 73 laki-laki dan 2 perempuan dari Arab Madinah sebagai utusan.

2. Lalu mereka bermubaya’ah dengan Rasul dekat 'Aqabah yang kedua, bahwa mereka akan menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya dan tidak menghalangi Rasul bilamana beliau berhijrah ke tempat mereka.

3. Kemudian mereka pisahkan duatelas ketua dari antara mereka itu. Nabi berkata kepada mereka: “Kamu menjadi wakil terhadap kaum kamu dengari apa yang ada pada mereka, kamu penjamin seperti jaminan Hawariyin kepada Nabi Isa bin Maryam, sedang aku jadi penjamin kaumku”.

4. Mereka kembali ke Madinah, lalu tersiarlah Islam di situ lebih pesat dari yang pertama kali.

Ringkasannya

Dalam tahun yang ke tigabelas datang 73 orang laki-laki dan 2 perempuan kepada Nabi sebagai utusan. Mereka bermubaya’ah dengan Nabi di 'Aqabah yang kedua, dan mereka kembali lalu mereka siarkan Islam di Madinah.

 (40) HIJRAH KAUM MUSLJMIN KE MADINAH

1. Tatkala kaum Quraisy mengetahui tersiarnya Islam di Madinah, mereka keraskan gangguan mereka kepada sahabat-sahabat Rasul SAW

2. Lalu Nabi memerintah mereka berhijrah ke Madinah dan bertemu dengan saudara-saudara mereka dari kaum Anshar.

3. Mereka keluar dari Makkah dengan sembunyi, karena takut Quraisy menghalangi hijrah mereka

4. Abu Bakar mau berhijrah, tetapi dicegah oleh Rasulullah. Maka tinggallah ia bersama Nabi di Makkah.

Ringkasannya

Tatkala ahli Madinah masuk Islam, ahli Makkah pula berlebih-lebihan dalam menyakiti orang-orang Muslim disana. Lalu Rasulullah SAW memerintah mereka berhijrah ke Madinah. Sebahagian dari mereka berhijrah sesudah sebahagian yang lain.

(41) PERSETUJUAN QURAISY UNTUK MEMBUNUH RASULULLAH SAW

1. Tatkala orang-orang Quraisy melihat bahwa Nabi banyak mendapat sahabat-sahabat dan penolong-penolong yang membela beliau dan menyiarkan ajakan beliau, mereka ambil keputusan untuk membunuh beliau.

2. Mereka bersetujuan untuk mengambil seorang pemuda dari tiap-tiap qabilah dan supaya mereka berkumpul di muka ru mah beliau; tujuannya apabila Nabi keluar, dapatlah mereka pukul beliau seperti pukulan seorang saja;

3. Supaya terbagi darah beliau di antara qabilah-qabilah, sehingga kaum karabat beliau tidak bisa memerangi golongan Arab semuanya.

4. Tetapi Allah memberl tahu kepada Nabi apa-apa yang telah disetujui oleh kaum Quraisy itu, dan la memerintah beliau berhijrah ke Madinah.

Ringkasannya

Kaum Quraisy ber’azam akan membunuh Nabi sesudah tersebar Islam dan Hijrah. Mereka adakan rundingan tentang beliau lalu Allah perintah beliau berhijrah.

(42) HIJRAH RASULULLAH SAW

1. Rasulullah menuju Abu Bakar dan memberi tahu kepadanya apa yang Allah kabarkan kepada beliau Abu.Bakar menawarkan untuk menjadi kawan Nabi. Beliau menjawab: Ya.

2. Kemudian ke dua-duanya menyiapkan 2 kendaraan untuk perjalanan mereka — ke dua-duanya menyerahkan kendaraan itu kepada seorang penunjuk jalan yang mahir.

3. Ke dua-duanya memerintah kepada penunjuk jalan itu supaya ia bawa mereka ke gua Hiraa’ sesudah tiga malam.

4. Pada malam Nabi memutuskan akan keluar dari rumah beliau, Nabi dapati beberapa pemuda mengelilingi rumah beliau, sedang Rasulullah ada di dalam rumah.

5. Tatkala tiba waktu akan keluar, Rasulullah perintah anak pamannya; Ali, tidur atas tempat tidurnya, supaya orang tidak ragu-ragu adanya Nabi di rumah beliau  dan beliau suruh Ali mengembalikan barang-barang amanat orang kepada yang punyanya.

6. Kemudian Nabi keluar di tempat musuh-musuhnya, lalu Allah jadikan mereka tertidur; maka tidak seorang-pun melihat beliau, kemudian beliau bertemu Abu Bakar, dan ke dua-duanya berjalan sehingga sampai di gua Hira’ dan bersembunyi di situ.

Ringkasannya.

Rasulullah dan Abu Bakar mengambil keputusan akan berhijrah dan kedua-duanya menyiapkan dua kendaraan, dan Nabi keluar dari rumah beliau, tetapi mereka tidak melihat beliau sehingga beliau dan Abu Bakar sampai di gua Hira’, dan bersembunyi di situ.

(43) QURAISY MENCARI NABI SAW

Tatkala Quraisy sedar pada malam itu dan mereka dapati hanya anak paman Nabi, Ali, saja yang ada di rumah Rasulullah SAW, maka naiklah marah mereka dengan sangat.

2. Mereka utus pemuda-pemuda mereka dengan membawa pedang dan tongkat-tongkat mencari Rasulullah SAW di tiap-tiap penjuru.

3. Mereka adakan hadiyah onta betina bagi orang yang mendapatkan Nabi atau menunjukkan di mana adanya.

4. Mereka periksa sampai di gua, di mana kalau seorang dari mereka melihat di situ, niscaya mereka akan melihat Rasulullah dan Abu Bakar.

5. Abu Bakar melihat mereka itu, lalu ia menangis, tetapi Nabi bersabda: “Janganlah engkau berdukacita, sesungguhnya Allah beserta kita”. Maka Allah tutup penglihatan-penglihatan orang-rang musyrik itu dan mereka kembali dengan hampa tangan. 

Ringkasannya.

Waktu pagi-pagi kaum Quraisy mencari kedua-duanya me- reka sampai di gua itu, tetapi mereka tidak sampai mendapati mereka kedua-duanya. Abu Bakar melihat mereka, lalu ia menangis. Kemudian mereka adakan hadiyah 100 onta betina siapa-siapa yang menunjukkan tempat Nabi SAW

(44) NABI KELUAR DARI GUA

1. Sesudah berhenti mencari Rasulullah SAW, keluarlah Nabi bersama Abu Bakar, setelah tinggal 3 malam dalam gua itu.

2. Adalah Abdullah bin Atu Bakar datang kepada kedua-duanya di waktu sore, dan memberi tahu kepada mereka tentang kabar-kabar orang Quraisy.

3. Saudaranya, Asma’, membawa makanan untuk kedua-duanya dengan sembunyi, karena takut kaum Quraisy.

4. Tatkala penunjuk jalan itu datang membawa dua kendaraan itu pada pagi-pagi hari yang ketiga, kedua-duanya menung- gang dan berjalan menuju Madinah.

5. Di perjalanan, Suraqah bertemu dengan mereka berdua, dan ia bermaksud membunuh Rasulullah SAW, tetapi ia iadi takut.

Ringkasannya

Sesudah tiga malam, keluarlah Nabi dan Abu Bakar dari guaKeluarga Abu Bakar datang kepada kedua-duanya membawa makanan dan kabar-kabar. Kemudian dua-duanya berjalan bersama penunjuk jalan. Suraqah bin Malik mengikuti jejak mereka, tetapi ia kembali dengan hampa tangan.

(45) SINGGAH DI QUBA’

(Permulaan Masjid Yang Didirikan Dalam Islam)

1. Rasulullah sampai di Quba’ pada hari yang kedua dari Rabi’ul Awwal, bersamaan dengan 30 September 622 Masehi

2. Sesudah beliau tinggal di Makkah 13 tahun lamanya, dengan keadaan di persempit dan halangan menyiarkan Agama dengan terang-terangan.

3. Nabi tinggal di Quba’ 22 malam, bersama sahabat-sahabat Muhajirin dan Anshar dengan atnan dan tenteram.

4. Di masa itu beliau mendirikan masjid Quba’ yang Allah sifatkannya bahwa sesungguhnya ia itu “Satu masjid yang didirikan untuk berbakti”.

Ringkasannya

Pada 2 Rabi’ul Awwal Nabi dan Abu Bakar sampailah di Quba’ dengan aman serta tinggal disini 22 malam. Di antaraitu Nabi mendirikan masjid Quba' yaitu satu (masjid yang didirikan untuk berbakti).

(46) SAMPAI Dl MADINAH — AWWAL DJUM’AH DALAM ISLAM - AWWAL KHUTBAH DALAM ISLAM

1. Rasulullah keluar dari Quba’ menuju Madinah. Beliau dikerumuni oleh kaum Anshar yang berselempangkan pedang, dengan keadaan riang dan gembira.

2. Dalam perjalanan tibalah waktu Jumah, lalu beliau sembahyang. lnilah pertama-tama Jum’ah dan Khutbah beliau itu adalah khutbah yang pertama kali dalam Islam.

3. Ahli Madinah keluar menemui beliau. Di antara mereka ada perempuan-perempuan, anak-anak. sedang hamba-hamba perempuan mengucapkan syi’ir:  

Bulan purnama telah terbit atas kita,

Dari kampung Tsaniyatul-Wada,

Pengucapan syukur wajib atas kita,

Selama kepada Allah orang berdo’a

Hai utusan di dalam kalangan kita,

Dengan bawa perintah.

Engkau telah tiba.

Ringkasannya

Keluarlah Rasulullah SAW dari Quba menuju Madinah, dan sekeliling ada kaum Anshar dan Mahajirin. Nabi sembahyang jum ah dan berkhutbah dalam perjalanan. Beliau diterima oleh kaum Anshar dengan penerimaan yang besar sekali.

(47) MASUKNYA DAN SINGGAHNYA NABI DI MA¬ DINAH - PERCINTAAN KAUM ANSHAR KEPADA MUHAJIRIN-PERSAUDARAAN ISLAM.

1. Tatkala Nabi masuk Madinah, tiap-tiap beliau melihat ru- mah Anshar, mesti mereka minta supaja Nabi singgah dirumah mereka.

2. Nabi singgah di rumah Abi Ayyub Al-Anshari, di rumah sebelah bawah supaya mudah orang-rang menziarahi beliau.

3. Adalah kaum Anshar suka sekali kepada orang-orang yang berhijrah di tempat mereka; mereka lebihkan orang-orang itu daripada diri-diri mereka sendiri. Sehingga mereka berbantahan dalam hal menyinggahkan Muhajirin itu. Lalu mereka putuskan untuk mengadakan undian di antara mereka, sehingga tidak seorang Muhajirinpun yang singgah di rumah seorang Anshar, melainkan dengan pakai undian.

4. Kemudian Rasulullah menjadikan mereka bersaudaraan di antara mereka sebagai suatu persaudaraan Islam, yang jinakkan hati-hati mereka dan menjadikannya sebagai satu benda

Ringkasannya

Rasulullah turun di rumah Abi Ayyub Al-Anshari, dan mengadakan persaudaraan antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar.

(48) HIJRAH KELUARGA NABI - MENGHALANGI ORANG-ORANG LEMAH - ASAL ADANYA QUNUT - DEMAM MADINAH.

1. Tatkala Rasulullah sudah menetap di Madinah, beliau mengutus orang mencari keluarga beliau yang ketinggalan; Abdullah bin Abu Bakar keluar bersama-sama mereka yang mencari itu.

2. Sesungguhnya orang-orang musyrik Makkah telah mengha-langi sebahagian orang-orang yang lemah daripada bepergian, dan mereka azab orang-orang itu dengan azab yang pedih.

3. Maka Rasulullah doa’kan untuk mereka yang lemah itu, dalam sembahyang witir dan sembahyang Shubuh sesudah ruku' dan sebelum ruku’. Inilah permulaan adanya qunut.

4. Banyak dari orang-orang Muhajirin yang kena penyakit pa- nas (demam). Lalu Nabi berdo’a kepada Allah supaya dipindahkan panas itu. Maka Allah kabulkan do’a beliau itu.

Ringkasannya

Rasulullah mengutus orang mencari ahli keluarganya yang ketinggalan. Lalu mereka datang bersama Abdullah bin Abu Bakar. Orang-orang musyrik Makkah menghalang-halangi orang- orang lemah berhijrah. Adalah Nabi mendo’akan untuk mereka ini. Dan inilah permulaan qunut dalam sembahyang.

RINGKASAN MASA YANG KEDUA

Tatkala umur Nabi SAW 40 tahun, Allah mengutus beliau sebagai rahmat bagi manusia.Wahyunya, mulai dengan impian yang benar. Kemudian Jibril turun kepada Nabi ketika Nabi sedang beribadah dalam gua Hira’. la mengajar Nabi bagaimana beliau harus memimpin manusia kejalan yang lurus.

Nabi mulai ajakan beliau dengan sembunyi. Yang pertama beriman kepada beliau ialah Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib dan Zaid bin Haritsah. Sesudah tiga tahun, Nabi diperintah berterang-terangan, lalu beliau mengumpulkan kaumnya dan mengancam mereka dengan azab akhirat. Tatkala turun Ayat: Ancamlah keluargamu yang dekat-dekat.

Nabi mengumpulkan ahli dan kaum kerabat beliau dan menyampaikan kepada mereka agama Allah, tetapi paman beliau, Abu Lahab, menolak dengan cara yang tidak baik.

Adalah orang Arab, tidak lama sebelum kebangkitan Nabi menyembah berhala-berhala, membunuh anak-anak laki, menanam anak-anak perempuan mereka, sebahagian dari mereka membu¬nuh sebahagian lain, lantaran sekecil-kecil sebab.

Maka tatkala Rasulullah mengajak mereka menyembah Allah yang Esa, dan mengajak mereka meninggalkan kepercayaan mereka, marahlah mereka, bertukarlah kecintaan mereka menjadi kemarahan kepada Nabi dan asalnya mereka membenarkan Nabi, sekarang bertukar jadi mendustakan.

Tatkala Rasulullah maki tuhan-tuhan mereka, dan menyesatkan bapa-bapa mereka, pergilah mereka kepada paman beliau tiga kali, dan pada tiap-tiap kali ia menjawab mereka dengan baik.

Sesungguhnya sesudah kedatangan orang-orang itu yang belakangan sekali, paman beliau minta daripadanya supaya beliau berhenti, tetapi Rasulullah enggan tetap menjiarkan Agama, sedang paman beliau tetap pula membela.

Di masa orang-orang Quraisy melihat hal itu, mulailah mereka menyakiti beliau, dan mengejek beliau, tetapi Nabi selalu menghadapi mereka dengan sabar, tenang dan suka memaafkan. Kemudian gangguan itu di tujukan kepada sahabat-sahabat Nabi tiap-tiap qabilah menyiksa siapa saja yang masuk Islam dari golongan mereka dengan siksaan yanq sangat.

Lalu Nabi memerintah mereka berhijrah ke Habasyah. Berhijrahlah 10 orang sahabat dan 5 orang perempuan, dan mereka kembali sesudah tiga bulan. Inilah pertama Hijrah dalam Islam.

Pada waktu itu, Hamzah, paman Nabi SAW dan ’Umar bin Kha-thab masuk Islam. Pada tahun yang ketujuh dari Kenabian, kaum Quraisy mengepung Nabi dan ahlinya.

Mereka mengambil persetujuan memutuskan perhubungan-perhubungan terhadap Nabi dan ahli beliau, atau sehingga keluarga Nabi menyerahkan beliau kepada mereka untuk di bunuh. Untuk ini mereka menulis sepucuk surat dan mereka gantungkannya di Ka’bah.

Sesudah Nabi masuk pengepungan, beliau perintah sahabat-sahabatnya berhijrah ke Habasyah. Berhijrahlah 33 orang laki-laki dan orang perempuan.

Di tahun yang ke sepuluh, bangkitlah beberapa jago Quraisy untuk mengoyak surat itu, lalu dikoyak. Keluarlah Nabi bersama pengikutnya dari kepungan itu, sesudah mereka tinggal 3 tahun lamanya dalam Syi’ib itu. Tidak makanan masuk kepada Nabi dan ahlinya melainkan dengan jalan sembunyi.

Dalam tahun ini datanglah perutusan Nashara Najran kepada Nabi dan mereka masuk Islam. Dalam tahun itu meninggal Siti Khadijah dan paman Nabi, Abu Thalib.

Nabi kawin dengan Saudah dan bercampur dengannya, lalu mengadakan akad dengan ’Aisyah, tetapi beliau tidak bercampur dengannya. Sesudah paman beliau meninggal, gangguan Quraisy bertambah hebat.

Oleh karena itu Nabi berhijrah ke Thaif menuju Bani Tsaqif. Nabi tinggal sebulan diantara mereka dan mengajak mereka, tetapi orang-orang itu tidak menurut beliau, malah mereka sakiti beliau dengan mereka lontar beliau dengan batu-batu. Nabi kembali ke Makkah.

Dalam tahun yang kesebelas, Allah muliakan beliau dengan Isra’ dan Mi’raj;  pada ketika itu diwajibkan sembahyang yanq lima dan dalam tahun ini juga Nabi keluar ke qabilah-qabilahmengajak mereka masuk Islam. Maka berimanlah 6 orang dari bangsa Arab Madinah.

Dalam tahun yang ke dua belas, datanglah kepada Nabi 12 orang laki-laki dari Arab Madinah. Mereka beriman kepadanya dan kembali ke Madinah. Dengan begini tersiarlah Islam di situ.

Dalam tahun yang ke tiga belas dari Kenabian, datanglah kepada Nabi 73 orang laki-laki dan 2 orang perempuan dari Arab Madinah. Mereka beriman kepada beliau dan kembali ke Madinah. Maka bertambah tersiarlah Islam disitu.

Dalam tahun ini juga Nabi memerintah sahabat-sahabat beliau berhijrah ke Madinah. Tatkala orang-orang Quraisy mendengar ini, mereka ambil keputusan hendak membunuh Nabi, lalu Allah perintah beliau berhijrah, sedang sekeliling rumah beliau, alam hendak berhijrah itu, telah dikelilingi oleh kaum Quraisy.

Nabi keluar diantara mereka sesudah Allah jadikan mereka tertidur. Nabi pergi bersama Abu Bakar ke gua Hira’ dan kedua-duanya bersembunyi disitu selama tiga malam; pada hari yang ketiga mereka berjalan sehingga sampai di Quba’ pada hari yang kedua dari Rabi’ul Awwal. Nabi tinggal di Quba’ 22 malam. Dalam pada itu Nabi mendirikan masjid Quba’.

Kemudian Nabi pindah ke Madinah, dan dalam perjalanan, Nabi dapati Jum’ah, lalu beliau sembahyang Jum’ah. Inilah pertama sembahyang Jum’ah dan khutbahnya adalah pertama khut bah dalam Islam. Tatkala Nabi sampai kejurusan Madinah, keluarlah orang-orang menemui beliau dengan gembira atas kedatangan beliau.

Nabi singgah di rumah Abi Ayyub Al-Anshari. Sesudah me- netap, Nabi mengutus orang mencari keluarga beliau yang ketinggalan.

Lalu mereka ini datang bersama Abdullah bin Abu Bakar Orang-orang musyrik Makkah menghalang-halangi orang- orang lemah akan berhijrah. Nabi do’akan untuk orang-orang lemah ini dalam sembahyang. Dan inilah asal mula adanya Do’a Qunut.

Demikianlah terjemah Khulasoh Nurul Yaqin juz 1. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

  • terjemah kitab khulashoh nurul yaqin jilid 1 pdf
  • kitab nurul yaqin fi sirah sayyidil mursalin pdf
  • terjemah kitab khulashoh nurul yaqin jilid 2 pdf
  • download kitab khulashoh nurul yaqin pdf
  • terjemahan khulasoh nurul yaqin juz 2
  • khulasoh nurul yaqin juz 3 pdf

Isi artikel ini merupakan rangkuman yang diambil dari website Archive melalui pencarian di Google Indonesia dengan kata kunci terjemahankitab tarikh khulashoh nurul yaqin jilid 1.


0 Komentar untuk "Terjemahan Kitab Tarikh Khulashoh Nurul Yaqin Jilid 1 (Juz 1)"

Back To Top