Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan di Indosat

Ada sebagian pengguna yang di handphonenya mengalami data seluler aktif tapi tidak bisa internetan di Indosat. Apa sebabnya dan apa solusnya ?

Bagi Sobat yang menggunakan kartu IM3 Indosat untuk berinternet dan mengalami masalah yang sama, Sobat bisa mencoba tips yang akan saya bagikan disini. Dengan catatan, kartu Indosat Sobat masih dalam masa aktif dan paket kuota masih tetap ada.

Ada beberapa langkah yang bisa Sobat lakukan agar kartu Indosat Sobat kembali lancar berinternet. Langkah pertama adalah mengidentifikasi masalah mengapa Sobat tidak bisa mengakses internet terlebih dahulu.

Oleh karena itu, ada beberapa kasus kartu Indosat tidak dapat membuka internet hanya untuk browsing, sementara itu, aplikasi chat masih berjalan dengan lancar.  Ada juga yang tidak bisa digunakan semuanya, baik aplikasi browsing maupun chat.

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan di Indosat


Alasan Kenapa Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan di Indosat

Ada beberapa alasan paket internet yang kuotanya aktif tapi tidak bisa digunakan untuk berinternet, nyatanya masalah ini hampir sama dengan provider selain Indosat. Jadi mungkin penyebab koneksi internet diblokir di kartu Sobat bisa seperti masalah berikut.

Masa aktif kuota internet Indosat habis

Ini biasanya yang sering terjadi jika kuota internet Indosat Sobat tidak bisa terkoneksi, karena Sobat tahu Indosat memberikan masa aktif yang lebih sedikit untuk paket kartu dibandingkan provider lain seperti 3 atau Axis.

Meski banyak ditawarkan paket murah dan bahkan kuota gratis Indosat, kekurangan dari provider warna kuning ini adalah masa aktifnya yang sebentar. Dan ini bisa menjadi alasan paket aktif tetapi Indosat tidak dapat terhubung.

Silakan periksa dulu masa aktif paket internet Sobat, apakah masih berlaku atau sudah habis masa berlakunya. Jika masa aktifnya masih ada, berarti Sobat sedang mencari penyebab lain.

Penyedia jaringan Indosat mengalami masalah

Biasanya provider jaringan mengalami masalah, mungkin ada perbaikan atau hal lain yang kita sendiri tidak tahu. Tentunya hal ini akan mengakibatkan paket internet Sobat tidak dapat digunakan lagi.

Jadi harus menunggu jaringan Indosat kembali dengan lancar. Untuk mengetahui apakah provider jaringan indosat Sobat mengalami masalah, Sobat bisa bertanya kepada teman atau kerabat Sobat yang memiliki dan menggunakan kartu indosat. Dan tanyakan apakah ponsel teman Sobat mengalami masalah yang sama.

Jika iya, maka Sobat harus menunggu hingga jaringan kembali normal atau bisa bertanya langsung ke call center Indosat. Namun jika tidak ada masalah maka Sobat harus mengetahui penyebab lainnya, Sobat harus mengecek satu persatu masalah yang terjadi jika paket aktif tetapi tidak bisa konek ke indosat.

Lokasi Sobat tidak ada jaringan internet

Tempat atau lokasi juga berpengaruh pada jaringan internet, hal ini bisa terjadi di semua provider. Jika Sobat berada di lokasi yang jauh dari menara jaringan internet, misalnya Sobat berada di gunung yang tinggi atau berada di tengah lautan.

Tentunya hal ini akan membuat signal Sobat absen atau hilang. Karena terlalu jauh dari sinyal jaringan internet yang ada. Jaringan internet tidak bisa menjangkau lokasi Sobat, dan ini bisa menjadi salah satu penyebab koneksi internet Sobat lambat bahkan tidak bisa berfungsi.

Kondisi cuaca yang buruk

Kondisi cuaca juga berdampak pada jaringan internet, saat hujan deras disertai sambaran petir akan mengganggu sinyal jaringan internet. Bahkan terkadang saya mengalami bahwa kondisi sinyal juga hilang akibat cuaca buruk.

Biasanya disertai dengan pemadaman listrik otomatis, dan alhasil tower jaringan di daerah Sobat juga akan mati, atau memang ini salah satu pengaman dari provider untuk melindungi sesuatu yang tidak diinginkan jika kondisi cuaca buruk seperti petir yang sangat berbahaya ke menara jaringan.

Setting APN Indosat salah

Kesalahan pengaturan APNjuga dapat menyebabkan paket data Sobat tidak dapat digunakan. Tentunya Sobat harus menyesuaikannya dengan setting yang benar dari Indosat. Sobat harus terlebih dahulu memeriksa pengaturan APN ini.

Di bawah ini saya akan memberikan cara yang benar dan cepat untuk mengatur APN Indosat Ooredoo, jadi pantau terus postingan ini agar Sobat mengerti semuanya.

Pengaturan tanggal yang salah

Setting tanggal salah misalnya di setting ponsel Sobat, tanggal dan bulan 2019, sedangkan masa aktif paket internet Sobat adalah tanggal dan tahun 2020. tentunya masa aktif Sobat sudah expired. Ini bisa jadi penyebab paket internet aktif Sobat tidak dapat terhubung.

Maka Sobat harus memeriksa tanggal telepon Sobat dan memperbaikinya jika masalah ini terjadi. Agar paket Sobat tidak ketinggalan zaman.

Itulah beberapa alasan mengapa paket Sobat tidak dapat terkoneksi ke internet. Setelah Sobat mengetahui beberapa penyebabnya, sekarang saya akan memberi tahu Sobat cara menangani paket internet yang tidak bisa terkoneksi ke internet

Cara Menangani Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan di Indosat

Cek Sisa Kuota Internet Indosat

Supaya Sobat bisa mengecek sisa kuota internet kartu Sobat, pastikan kuota internetnya tidak terbagi. Kalau dibagi, maka untuk paket internet biasa harus masih ada.

Anda bisa mengeceknya dengan mengirimkan SMS dengan format USAGE dan mengirimkannya ke 363. Nanti akan muncul detail paket yang Sobat miliki di kartu Indosat Sobat. Jika ternyata masih banyak paket dan memenuhi syarat, berarti ada kendala dalam penataannya.

Pengaturan APN

Masalah dengan ponsel cerdas yang tidak dapat internet juga ada karena pengaturan APN yang salah. Selain mengganggu, ada juga yang menyebabkan internet menjadi lambat. Untuk Sobat yang mengalami masalah internet, Sobat bisa mengatur ulang pengaturan secara default di pengaturan APN.

Langkah pertama masuk pengaturan, lalu cari jaringan, klik opsi jaringan seluler, lalu masuk ke menu titik akses. Setelah itu, klik di pojok dan menu Reset akan muncul. Klik OK. Kemudian aktifkan APN Sobat.

Dengan melakukan metode ini, Sobat telah berhasil mengatur ulang APN dan mencoba menelusuri jika bisa. Jika belum bisa mengambil langkah perbaikan kartu indosat Sobat tidak bisa internet padahal sinyalnya bagus dan APN sudah reset dan tentunya masih banyak kuota, apakah ada solusi lain ?

Biasanya Sobat bisa langsung menggunakan internet dengan membeli tanpa harus registrasi apapun. Sobat dapat mencoba kartu lain yang telah mendaftarkan KK dan NIK KTP yang memang merupakan nomor induk. Jika Sobat dapat menggunakan internet dengan lancar, itu berarti masalahnya benar-benar ada di kartu.

Coba cek apakah kartu indosat yang tidak bisa terkoneksi internet apakah sudah terdaftar di situs indosat atau belum. Jika belum, silakan mendaftar, sesuai dengan biodata penduduk.

Pasalnya, regulasi Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini lebih ketat, dan mengharuskan pengguna kartu SIM melakukan registrasi sesuai biodata penduduk.

Nyalakan kembali Smartphone

Masalah kuota masih ada tapi tidak bisa internetan kartu Indosat bisa karena hal yang sepele. Yakni minta restart smartphone Sobat, Sobat bisa menggunakannya lagi. Sobat dapat mencoba mematikan smartphone dan menyalakannya kembali. Sobat juga dapat masuk ke mode pesawat dan kembali ke mode normal.

Pada tahap ini, Sobat dapat mencoba memperbaiki kartu Indosat yang tidak dapat terhubung ke internet. Lakukan satu per satu hingga berhasil.

Aktifkan fitur mode penerbangan

Dengan mengaktifkan flight mode maka secara otomatis koneksi internet akan terputus, sesuai dengan namanya ponsel sudah dilengkapi dengan flight mode, jika sedang berada di pesawat harus mengaktifkan fitur ini jika tidak ingin mematikan ponsel.

Pasalnya, sinyal jaringan dari telepon dapat mengganggu sinyal dari pesawat, dan mengurangi risiko saat Sobat berada di dataran tinggi.

Periksa pengaturan penggunaan data telepon pada kartu

Banyak ponsel saat ini mendukung dual sim. Dan tentunya terkadang terjadi human error dimana kartu aktif Sobat adalah Indosat, sedangkan di setting Sobat mengaktifkan data untuk kartu lain.

Sepertinya ini sering terjadi, kesalahan kecil seperti ini membuat paket internet tidak bisa digunakan. Sobat harus mengecek kembali setting di setting data, dan pastikan menggunakan kartu indosat agar paket internet bisa digunakan kembali.

Beralih dari jaringan 3G ke jaringan 4G

Terkadang tidak sengaja atau salah tekan membuat jaringan internet di provider Indosat berubah menjadi jaringan 3G di setting ponsel Sobat. Yang membuat internet Sobat lambat dan bahkan tidak bisa berfungsi.

Untuk itu silahkan cek kembali setting ponsel Sobat, jika berubah ke jaringan 3G, maka Sobat harus terlebih dahulu merubahnya ke jaringan 4G agar kecepatan sinyal dan jaringan bisa kembali lebih cepat lagi.

Demikian solusi dari masalah tidak bisa akses internet padahal registrasi berhasil indosat ooredoo, kuota masih ada tapi tidak bisa internetan dan lainnya.

Sumber : https://techjak.com/amp/cara-mengatasi-indosat-tidak-bisa-internetan/, https://jayaherlambang.com/paket-aktif-tetapi-tidak-bisa-connect-indosat/


0 Komentar untuk "Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan di Indosat"

Back To Top