Ayam 1 Kg Berapa Potong

Sobat pasti hampir tidak pernah memasak 1 ekor ayam utuh. Sobat pasti akan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil sesuai kebutuhan, lalu mengolahnya menjadi hidangan yang diinginkan. Mulai dari ayam goreng, ayam bakar, ayam tumis, hingga kari ayam.

Ayam utuh biasanya dibagi menjadi 4, 8, dan 18 porsi. Bagian 4 dan 8 untuk masakan sehari-hari, sedangkan 18 bagian biasanya untuk acara dan perayaan besar.

Jadi, dalam ayam 1 kg berapa potong ? Tergantung berapa besar motongnya. Cuman standarnya setiap ayam 1 kg adalah bisa 10 potong. Ada juga yang membagi per ekor. Umumnya untuk 1 ekor ayam bisa dijadikan 8 potong untuk lunch box atau 12 potong untuk buffet.

Cara Memotong Ayam

Berikut ini adalah tips dalam memotong ayam dilansir dari Resep Koki 

Gunakan pisau daging tajam khusus

Setiap jenis makanan, sebaiknya dipotong dengan jenis pisau yang tepat, termasuk ayam. Tujuannya agar potongannya lebih rapi dan pisau tidak cepat tumpul. Potong ayam menggunakan pisau kujang daging. Pisau ini cukup besar dan bilahnya berbentuk persegi panjang. Jadi, pastikan bilah dagingnya cukup tajam. Jadi bisa memotong daging dan tulang ayam dalam satu ayunan.

Anda bisa mendapatkan pisau daging spesial yang terbuat dari keramik anti bakteri, sehingga dijamin aman dan higienis. Satu set pisau termasuk alat pengupas, pisau koki, pisau roti, pisau buah, pisau serbaguna, dan pisau iris. Pegangannya nyaman dengan bahan karet anti selip. Sangat mewah!

Potong dari bagian ekor dan buang tulang punggungnya

Pemotongan ayam harus dimulai dari bagian ekor, yaitu memotong brutu atau bagian pantat ayam. Kemudian, potong ayam menjadi dua secara vertikal dari arah ekor dan sisakan tulang punggung. Tulang punggung ini jarang diolah menjadi aneka masakan, sehingga bisa dibuang begitu saja. Namun jika ingin memanfaatkannya, Anda bisa merebus punggung ayamnya untuk dijadikan kaldu ayam.

Ayam 1 Kg Berapa Potong


Potongan ayam

Setelah Anda membelah ayam menjadi dua, akan lebih mudah untuk memotong ayam menjadi potongan-potongan kecil. Jumlah potongan tergantung pada jenis hidangan dan cara mengolah ayam. Namun, ada tiga potong ayam yang cukup sering digunakan.

4 potong

Dari ayam yang sudah dibagi menjadi 2, yang harus Anda lakukan adalah memisahkan dada dan paha di setiap sisinya. Dengan begitu, Anda memiliki 4 potong ayam berukuran besar.

Potongan ini terdiri dari 2 bagian dada dan 2 bagian paha. Dada menempel pada sayap, sedangkan paha terdiri atas paha atas dan bawah. Potongan ayam seperti ini biasanya diolah dengan cara di panggang atau di bakar.

8 potong

8 potong ayam tersebut merupakan kelanjutan dari potongan di atas. Sayap dipisahkan dari dada, dan paha bawah dipisahkan dari paha atas. Jadi potongan ini terdiri dari 2 dada, 2 sayap, 2 paha bawah, dan 2 paha atas.

Potongan ini adalah potongan yang paling umum dan sering digunakan. Baik dengan cara digoreng, dikeringkan, dikukus atau dimasak dalam opor. Ukurannya pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, dan lebih cepat masaknya.

18 potong

Khusus untuk menu yang bukan bahan utamanya ayam, 18 buah ini yang paling sering digunakan. Selain itu, menu ayam di acara-acara besar atau perayaan juga kerap memanfaatkannya. Entah agar lebih irit atau karena masih banyak variasi menu lainnya.

Caranya adalah dengan memotong setiap bagian menjadi 2 bagian yang lebih kecil, yaitu paha atas, paha bawah, dan sayap. Kecuali dada ayam yang bisa dipotong menjadi 3 bagian. Selanjutnya ayam bisa diolah menjadi sop, semur, rica-rica, kari, dan masih banyak menu lezat lainnya.

Berbagai potongan di atas belum termasuk bagian kepala, leher dan ceker ayam lho. Sesuaikan saja dengan selera, kebutuhan resep, dan jumlah yang Anda butuhkan.

Demikian, dengan demikian sekarang Sobat tahu 1 kg ayam untuk berapa orang. Jika ingin belanja ayam 1 kg, bisa dicek di : Rekomendasi Produk Ayam 1 Kg


Tag : Ayam
0 Komentar untuk "Ayam 1 Kg Berapa Potong"

Back To Top