Kalori Ayam Goreng Tanpa Tepung

Berapa kalori ayam goreng tanpa tepung ? Menurut Fatsecret, terdapat 119 kalori dalam 1 buah paha ayam goreng sedang dengan kulit dimakan. Perinciannya terdiri dari 53% lemak dan 47% protein.

Berapa Kalori Ayam Goreng Tanpa Tepung ?

Jawaban atas pertanyaan di atas tergantung pada bagian tubuh ayam mana yang Anda makan, mulai dari dada, paha atas, paha bawah, dan sayap. Masing-masing potongan ini memiliki kandungan protein dan lemak yang berbeda, sehingga jumlah kalorinya juga berbeda.

Daging ayam sebenarnya mengandung kalori yang relatif lebih rendah dibandingkan sumber protein hewani lainnya.

Namun, jumlah kalori ini akan melonjak tajam saat menjalani proses pengolahan tertentu, misalnya saat digoreng menggunakan minyak, ditambahkan tepung, atau mentega.

Selain itu, jumlah kalori ayam goreng juga tergantung pada ada tidaknya bagian kulit yang Anda goreng kemudian Anda makan. Jika Anda termasuk kulit, maka jumlah kalori yang Anda konsumsi juga meningkat.

Berikut perbandingan jumlah kalori ayam goreng per 100 gram sajian, termasuk jika ayam tersebut diolah menggunakan berbagai zat aditif berdasarkan tabel perbandingan nutrisi yang dirilis oleh United States Department of Agriculture (USDA):

Dada

  •     Mentah tanpa kulit: 165 kalori
  •     Goreng dalam minyak, tanpa kulit: 186 kalori
  •     Goreng dalam minyak, dengan kulit: 225 kalori
  •     Goreng dalam minyak, dengan kulit dan tepung: 274 kalori.

Dada menjadi favorit banyak orang karena memiliki daging yang banyak dan ukurannya lebih besar. Dalam dada ayam tanpa kulit yang dimasak (172 gram), terdapat 54 gram protein. Selain itu, dada ayam mengandung 284 kalori atau 165 kalori per 100 gram sajian.

Sebanyak 80 persen kalorinya berupa protein, sedangkan 20 persen kalorinya berupa lemak. Bagi orang yang sedang membangun massa otot atau sedang diet, dada ayam biasanya menjadi pilihan, namun jangan lupa untuk memisahkan kulitnya.

Kandungan proteinnya tinggi sedangkan kalori dari lemak cukup rendah. Jadi, tidak perlu khawatir mengonsumsi terlalu banyak kalori.     

Paha (atas dan bawah)

  •     Mentah tanpa kulit: 193 kalori
  •     Goreng dalam minyak, tanpa kulit: 218 kalori
  •     Goreng dalam minyak, dengan kulit: 287 kalori
  •     Goreng dalam minyak, dengan kulit dan tepung: 310 kalori.

Selain dada, banyak orang juga penasaran dengan kalori paha atas karena termasuk potongan ayam yang juga populer. Dalam satu paha atas tanpa kulit yang dimasak (52 gram), terdapat 13,5 gram protein.

Kalori pada paha ayam juga mengandung 109 kalori per paha atau 209 kalori per 100 gram sajian. Sebanyak 53 persen kalori berasal dari protein, sedangkan 47 persen dari lemak. Banyak orang lebih suka makan bagian paha atas daripada bagian dada karena dianggap lebih enak.

Selain paha atas, ada bagian yang lebih kecil, paha bawah dan biasa disebut paha belakang. Satu kulit atau paha ayam tanpa tulang (44 gram) memiliki 12,4 gram protein. Selanjutnya, kalori paha ayam tanpa kulit adalah 76 kalori per paha atau 172 kalori per 100 gram.

Sebanyak 70 persen kalori berupa protein sedangkan 30 persen sisanya berupa lemak. Bagaimana dengan paha bagian bawah dengan kulit? Kalorinya pasti lebih banyak, yaitu 112 kalori. Sebanyak 53 persen kalori berupa protein, dan 47 persen sisanya berupa lemak.

Sayap

  •     Mentah: 196 kalori
  •     Goreng dalam minyak, tanpa kulit: 211 kalori
  •     Goreng dalam minyak, dengan kulit: 253 kalori
  •     Goreng dalam minyak, dengan kulit dan tepung: 338 kalori.

Banyak orang suka makan sayap ayam atau chicken wings sebagai camilan. Satu kulit atau sayap ayam tanpa tulang (21 gram) mengandung 6,4 gram protein. Sedangkan kalori satu sayap ayam tanpa kulit adalah 42 kalori.

Sebanyak 64 persen kalori berupa protein dan 36 persen berupa lemak. Tapi umumnya, orang makan sayap ayam dengan kulitnya. Kalori sayap ayam dengan kulitnya sebanyak 99 kalori. Sebanyak 39 persen kalori berupa protein dan 61 persen lemak.

Panduan kalori ayam goreng di atas didapat dengan menggunakan minyak sayur biasa dan ayam tanpa perlakuan khusus. Jumlah kalori bisa berubah jika Anda menggunakan minyak goreng lain, shortening, atau menambahkan mentega.

 

Kalori Ayam Goreng Tanpa Tepung

Potongan Ayam Mana Yang Harus Dipilih?

Memilih potongan ayam mana yang akan dikonsumsi tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Jika kalori di paha ayam terlalu banyak dari rasio antara protein dan lemak, maka beralihlah ke dada.

Dada ayam biasanya dipilih oleh orang-orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Ini adalah bagian dari potongan ayam yang mengandung kalori paling sedikit tetapi tinggi protein.

Namun bagi orang lain yang sedang menjalani diet keto atau diet rendah karbohidrat, maka paha ayam bisa bermanfaat karena lemak di dalamnya cukup tinggi.

Di sisi lain, orang yang mencoba menambah berat badan atau membangun massa otot perlu mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang mereka bakar setiap hari. Artinya, Anda harus memilih bagian ayam yang lebih gemuk karena kalorinya juga lebih tinggi.

Cara Anda memasak ayam dapat membuat perbedaan dalam jumlah kalori. Misalnya ayam yang dibakar, digoreng, dan dibuat gulai dengan santan.

Batas Kalori Yang Aman Dikonsumsi Per Hari

Mengetahui jumlah kalori ayam goreng sedikit banyak bisa memberi Anda gambaran seberapa banyak Anda bisa makan makanan ini. Idealnya, seseorang harus makan tidak lebih dari 2.000 kalori per hari untuk wanita dan 2.500 kalori per hari untuk pria.

Namun, jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, seperti usia, metabolisme, dan jumlah aktivitas yang Anda lakukan. Misalnya, anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak kalori daripada orang tua mereka, tetapi orang muda yang tidak terlalu aktif juga harus membatasi asupan kalori mereka.

Bahaya Terlalu Banyak Makan Ayam Goreng

Ayam goreng sering dikategorikan sebagai makanan cepat saji atau junk food alias makanan yang tidak bergizi sehingga tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Selain tinggi kalori ayam goreng, gorengan juga tinggi garam dan kolesterol.

100 gram dada ayam goreng dengan kulit dan tanpa tepung, misalnya, mengandung 503 miligram sodium (garam) dan 89 mg kolesterol. Menurut Sehatq, hal ini membuat banyak pakar kesehatan menilai ayam goreng akan meningkatkan beberapa faktor risiko gangguan kesehatan tertentu, seperti:

  •     Penyakit jantung
  •     Diabetes tipe 2
  •     Kegemukan
  •     Tekanan darah tinggi
  •     Kolesterol Tinggi.

Poin terakhir adalah risiko yang paling mengkhawatirkan mengingat penggorengan ayam biasanya menggunakan minyak yang diproses melalui tahap hidrogenisasi.

Minyak seperti ini akan memberikan rasa ayam goreng yang lebih gurih dan renyah, namun berbahaya bagi kesehatan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat sekaligus menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

Demikianlah kalori ayam goreng biasa pada bagian dada paha dan lainnya baik yang pakai tepung dan tanpa tepung.


0 Komentar untuk "Kalori Ayam Goreng Tanpa Tepung"

Back To Top