Bagian Pembuluh Darah Yang Berfungsi Membawa Darah dari Jantung adalah

Bagian pembuluh darah yang berfungsi membawa darah dari jantung adalah arteri. Aorta adalah arteri yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Arteri pulmonalis membawa darah dari jantung ke paru-paru.

Sistem peredaran darah atau peredaran darah adalah suatu sistem yang mengatur aliran darah ke seluruh tubuh untuk kelangsungan hidup.

Sistem peredaran darah memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Mensuplai oksigen dan nutrisi dari sistem pencernaan ke seluruh jaringan tubuh.

2. Membawa gas karbon dioksida ke paru-paru.

3. Mengembalikan sisa metabolisme tubuh ke ginjal untuk disekresikan.

4. Menjaga keseimbangan suhu tubuh.

5. Mendistribusikan hormon untuk mengatur fungsi tubuh. Berfungsi sebagai pembuluh darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya.

Organ Peredaran Darah Manusia

Organ peredaran darah manusia cukup banyak, sehingga Anda bisa mengetahuinya melalui ulasan berikut ini:

Jantung

Organ jantung merupakan salah satu organ dalam sistem peredaran darah yang terletak di dalam rongga dada, tepatnya di antara paru-paru. Jantung dimiringkan sehingga ujungnya yang runcing (apex) mengarah ke bawah ke arah panggul kiri dan ujungnya mengarah ke bahu kanan.

Jantung memiliki dua lapisan, yaitu lapisan dalam (perikardium viseral) dan lapisan luar (perikardium parietal). Pada lapisan jantung terdapat cairan pelumas yang berfungsi untuk mengurangi gesekan saat jantung memompa darah.

Dinding jantung memiliki tiga lapisan, yaitu epikardia, miokardium, dan endokardia. Lapisan endokardium merupakan lapisan endotel yang tipis dan halus yang menjadi barier di jantung yang berhubungan dengan barier di pembuluh darah.

Jantung terdiri dari empat bagian, yaitu atrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan, dan ventrikel kiri.

Dalam sistem peredaran darah, atrium kanan berfungsi sebagai penampung darah yang mengandung sedikit oksigen dari seluruh tubuh melalui vena cava superior dan inferior dan dari jantung melalui sinus koroner. Kemudian darah dipompa ke ventrikel kanan dan kemudian ke paru-paru.

Ventrikel kanan menerima darah dari atrium kanan dan dipompa ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Sedangkan atrium kiri berfungsi menerima darah yang banyak mengandung oksigen dari kedua paru-paru melalui keempat vena pulmonalis. Setelah itu ventrikel kiri menerima darah dari atrium kiri dan dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta.

Pembuluh Darah

Pembuluh darah adalah jalur darah untuk mengalir ke seluruh tubuh dari jantung ke jaringan tubuh, dan sebaliknya. Ada tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler.

Arteri

Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke kapiler. Fungsi pembuluh darah ini adalah untuk membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Arteri mengantarkan oksigen dan nutrisi ke semua sel, mengangkut bahan limbah seperti karbon dioksida, menjaga keseimbangan mobilitas protein, bahan kimia, elemen sistem kekebalan dan sel. Arteri terdiri dari:

  • Arteri pulmonalis membawa darah kaya karbon dioksida dari ventrikel kanan ke paru-paru.
  • Aorta berfungsi untuk membawa darah yang kaya oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh organ tubuh.

Kapiler

Kapiler adalah pembuluh darah kecil dengan diameter sekitar 5-10 m. Meskipun pembuluh kapiler berukuran sangat kecil, namun jumlah pembuluh darah kapiler yang berasal dari arteri besar sehingga semua luas penampang aliran darah meningkat.

Kapiler adalah penghubung antara arteri dan vena tempat terjadi pertukaran zat, penyerapan nutrisi di usus, filtrasi di ginjal, penyerapan sekresi kelenjar.

Pembuluh Darah Vena

Di dalam vena, berfungsi untuk mengangkut karbon dioksida, mengangkut darah dari seluruh tubuh ke jantung.

Sistem peredaran darah manusia memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh salah satunya sebagai pembawa darah yang penting bagi tubuh. Selain itu, sistem peredaran darah juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki peran sebagai pembawa sari makanan yang ada dari usus ke seluruh bagian tubuh manusia.
  • Sebagai penyalur oksigen dari organ pernapasan, paru-paru kemudian mendistribusikannya ke seluruh tubuh.
  • Sebagai pembawa karbondioksida dari tubuh ke paru-paru.
  • Sebagai pengangkut hormon dari tempat produksi ke bagian tubuh yang membutuhkan
  • Berfungsi sebagai pengangkut produk sisa metabolisme sel ke ginjal.
  • Pertahankan suhu tubuh yang stabil agar tetap pada suhu 36 hingga 37 derajat Celcius.
  • Sebagai pembunuh kuman yang telah masuk ke dalam tubuh manusia.

Vena Terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Vena pulmonalis membawa darah yang kaya oksigen dari paru-paru ke atrium kanan.
  • Vena cava superior membawa darah yang kaya karbon dioksida dari tubuh bagian atas jantung ke atrium kanan.
  • Vena cava inferior berfungsi untuk membawa darah yang kaya karbon dioksida dari tubuh bagian bawah jantung ke atrium kanan.

Orang dewasa memiliki kisaran darah 4,5-5,5 liter dalam tubuh. Darah yang dimiliki berperan sebagai nutrisi, membawa oksigen, hormon dan berbagai komponen penting yang dapat menjaga kesehatan tubuh manusia.

Darah ini akan terus mengalir dari jantung ke seluruh bagian tubuh dan kemudian kembali lagi ke jantung untuk diperbaharui. Jalannya sirkulasi darah telah diatur dalam sistem kardiovaskular.

Darah terdiri dari plasma darah dan sisanya merupakan bagian padat yaitu sel darah atau butir darah. Plasma darah, terdiri dari sekitar 90% air, zat terlarut seperti protein darah, esens makanan (glukosa dan asam amino), enzim, antibodi, hormon, dan sisa metabolisme, serta gas (oksigen, karbon dioksida, dan nitrogen).

Di dalam plasma darah juga terdapat fibrinogen yang dapat berubah menjadi benang-benang fibrin, yang berfungsi untuk menutup luka jika seseorang mengalami luka pada tubuhnya. 

Selain itu, plasma darah juga mengangkut sari makanan dari usus ke hati, dari hati diedarkan ke seluruh bagian tubuh dan mengangkut sisa metabolisme berupa karbondioksida (sebagian karbondioksida diangkut oleh darah merah) kembali dari jaringan ke jantung kemudian ke paru-paru.

Selain plasma darah juga terdapat sel darah yang terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Sel darah merah merupakan bagian terbesar dari sel darah, yaitu sekitar 99%. Sel darah merah berbentuk bulat, pipih dan cekung di tengah. Sel darah merah seringkali dalam keadaan terakumulasi.

Pada sel darah putih memiliki ukuran yang lebih besar dan tidak berpigmen, serta memiliki inti yang bermacam-macam bentuknya. Sedangkan trombosit darah berukuran kecil, tidak beraturan, tidak memiliki inti dan berkelompok membentuk potongan-potongan di dalam darah.

bagian pembuluh darah yang berfungsi membawa darah dari jantung adalah

 

Komponen Darah dan Fungsinya

Darah terbentuk dari beberapa komponen yang memiliki fungsi, tugas dan karakteristik yang berbeda. Berdasarkan Modul Sistem Pergerakan dan Peredaran Darah yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut ini adalah komponen pembentuk darah dan fungsinya.

1. Plasma Darah

Plasma darah adalah cairan yang mengandung 90 persen air dan sisanya terdiri dari zat makanan dan mineral (glukosa, asam amino, asam lemak, kolesterol, garam mineral), zat yang dihasilkan oleh sel (enzim, hormon, antibodi), protein darah (albumin, fibrinogen, globulin), produk metabolisme (urea, asam urat) dan gas pernapasan, yaitu oksigen dan karbon dioksida.

Plasma darah berfungsi untuk menyeimbangkan volume darah dan membersihkan tekanan osmotik dalam darah, menghasilkan zat yang kebal terhadap penyakit atau antibodi, dan membawa produk limbah dari sel ke tempat pembuangan.

Komponen ini juga berfungsi untuk mengangkut semua sel darah beserta nutrisi, antibodi, produk limbah, protein, dan hormon ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkannya.

2. Eritrosit

Eritrosit atau sel darah merah berfungsi untuk mengangkut karbon dioksida kembali ke seluruh tubuh ke paru-paru dan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh bersama dengan hemoglobin.

Hemoglobin merupakan pigmen respirasi pada eritrosit yang berfungsi mengikat oksigen membentuk oksihemoglobin. Jumlah eritrosit pada pria dewasa sekitar 5 juta sel per cc darah, sedangkan pada wanita jumlahnya sekitar 4 juta sel per cc darah.

Jumlah eritrosit bervariasi tergantung pada jenis kelamin dan usia. Eritrosit berbentuk bulat dan di tengahnya terdapat cekungan (bikonkaf). Tidak seperti sel lainnya, eritrosit tidak memiliki inti sel (nukleus) sehingga dapat berubah bentuk sesuai dengan pembuluh darah yang dilaluinya.

Sel darah merah diproduksi di sumsum tulang merah dan bertahan selama 100-200 hari. Sel darah merah yang tua akan ditelan oleh sel fagosit di hati.

3. Leukosit

Leukosit adalah sel darah putih yang berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing, bakteri dan virus dengan cara memproduksi antibodi. Dalam tubuh manusia, sel darah putih adalah 4,5-10 ribu per mm kubik atau sekitar 1 persen dari total volume darah.

Sel darah putih memiliki bentuk yang tidak beraturan dan memiliki 1 inti sel. Leukosit diproduksi di sumsum tulang belakang dan beberapa jaringan limpa. Sel-sel ini dapat bertahan hidup selama 12 hari.

4. Trombosit

Trombosit atau keping darah memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah (koagulasi). Ketika jaringan tubuh terluka, trombosit akan pecah dan melepaskan enzim trombokinase (tromboplastin) yang membuat darah keluar dari kulit.

Enzim trombokinase akan mengubah protrombin menjadi trombin dengan bantuan ion kalsium dan vitamin K. Setelah itu, trombin akan mengubah fibrinogen (larutan dalam plasma darah) menjadi fibrin yang tidak larut dalam plasma darah.

Fibrin adalah benang halus yang akan menutup luka sehingga darah tidak bisa keluar lagi. Ini adalah proses pembekuan darah atau koagulasi. Trombosit berbentuk tidak beraturan dan tidak memiliki inti sel. Trombosit diproduksi di hati dan limpa dan hanya dapat bertahan selama 8-10 hari.

Bagian Jantung

Organ jantung memiliki tugas yang sangat vital, yaitu menjaga aliran darah, membawa oksigen dan nutrisi ke dalam sel-sel tubuh manusia. Jantung juga terdiri dari beberapa bagian. Di bawah ini adalah bagian-bagian jantung manusia beserta fungsinya.

Aorta

Bagian pertama dari jantung adalah aorta, arteri terbesar dalam tubuh manusia. Letak aorta berada di bagian atas organ jantung Anda. Aorta berfungsi untuk membawa darah beroksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh manusia.

Vena Cava Superior

Vena cava superior atau vena cava adalah vena besar dalam tubuh manusia. Itu terletak di bagian atas hati. Fungsi vena cava superior adalah untuk mengembalikan aliran darah yang mengandung karbon dioksida dari seluruh tubuh bagian atas ke jantung.

Arteri pulmonalis

Arteri pulmonalis adalah arteri yang tugasnya membawa darah dari jantung ke paru-paru. Fungsi arteri pulmonalis adalah mengganti kandungan karbon dioksida dengan uap air dalam darah menjadi oksigen.

Katup Aorta

Katup aorta adalah katup yang memisahkan ventrikel kiri dan aorta. Perubahan tekanan darah pada kedua sisi katup juga dapat menyebabkan katup membuka atau menutup. Fungsi katup aorta sendiri adalah untuk mencegah darah dalam tubuh mengalir ke arah yang salah.

Atrium

Bagian selanjutnya adalah atrium. Yang merupakan bentuk jamak dari atria yang artinya sama dengan serambi. Di sini ada dua atrium, yaitu atrium kiri atau (atrium kiri) dengan atrium kanan atau (atrium kanan).

Atrium terletak di dua ruang teratas dari empat ruang utama jantung. Fungsi atrium kiri adalah menerima darah dari paru-paru yang mengandung oksigen dan kemudian membawanya ke ventrikel kiri.

Fungsi atrium kanan adalah menerima darah dari seluruh bagian tubuh yang mengandung karbon dioksida yang membawanya ke ventrikel kanan.

Vena Pulmonalis

Vena pulmonalis yang merupakan vena yang membawa darah beroksigen dari paru-paru ke jantung di atrium kiri. Ukuran atrium lebih kecil dari vena cava yang terdiri dari vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri.

Vena pulmonalis berfungsi untuk membawa darah beroksigen kembali ke jantung yang kemudian akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh manusia.

Katup trikuspid

Bagian jantung selanjutnya adalah katup trikuspid atau katup trikuspid. Yaitu katup yang terdiri dari 3 daun katup.

Katup ini dapat membuka ketika sistol berkontraksi dan dapat menutup kembali. Katup trikuspid berfungsi untuk memisahkan atrium kanan dari ventrikel kanan untuk membantu mengalirkan darah beroksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

Katup Mitral

Katup bikuspid atau mitral adalah katup yang memisahkan atrium kiri dari ventrikel kiri. Organ ini juga dapat terbuka ketika darah yang mengandung banyak oksigen di atrium kiri akan mengalir ke ventrikel kiri.

Katup mitral berfungsi untuk mencegah darah yang sudah berada di ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.

Ventrikel

Selanjutnya ada ventrikel, yaitu 2 ruang kosong dari empat ruang di bagian bawah organ jantung. Ventrikel juga dikenal sebagai ruang. Ada dua jenis ventrikel, yaitu ventrikel kiri atau (left ventricle) dengan ventrikel kanan atau (right ventricle). Fungsi ventrikel adalah menerima darah dari atrium dan kemudian membawanya keluar dari jantung.

Ventrikel kiri menerima darah dari atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh. Ventrikel kanan menerima darah dari atrium kanan dan kemudian membawanya ke paru-paru.

Vena cava inferior

Vena cava inferior atau vena cava inferior adalah vena terbesar dalam tubuh manusia. Vena cava inferior membawa darah dari tubuh bagian bawah ke atrium kanan jantung.

Katup Atrioventrikular

Organ lain adalah katup atrioventrikular atau katup atrioventrikular, yang merupakan katup antara atrium dan ventrikel. Katup atrioventrikular memungkinkan darah hanya mengalir dari atrium ke ventrikel.

Dinding Jantung

Dinding jantung yang merupakan lapisan terluar dari jantung. Dinding jantung terdiri dari 3 lapisan, yaitu endokardium (paling dalam), kemudian miokardium (tengah), dan epikardium (paling luar). Endokardium juga terdiri dari epitel selapis gepeng.

Miokardium juga terdiri dari otot jantung atau (heart muscle). Epikardium adalah membran fibrosa. Dinding jantung berfungsi untuk membuat jantung berdetak dan mencegah jantung bocor.


0 Komentar untuk "Bagian Pembuluh Darah Yang Berfungsi Membawa Darah dari Jantung adalah"

Back To Top