1 Potong Ayam Goreng Berapa Kalori

Kalori selalu dibutuhkan oleh tubuh secara harian. Kalori didapatkan dari berbagai macam makanan termasuk daging, entah itu daging ayam, sapi, kambing, ikan dan lainnya.

Meski rasanya enak dan mudah dibuat sendiri di rumah, sebaiknya jangan berlebihan dengan ayam goreng. Pasalnya, ada bahaya mengintai di balik kesehatan Sobat di balik kerenyahan ayam goreng ini. Tahukah Sobat dalam 1 potong ayam goreng berapa kalori ?

Jawaban dari pertanyaan diatas tergantung dari bagian ayam yang Sobat makan, mulai dari dada, paha atas, paha bawah, dan sayap. Masing-masing potongan tersebut memiliki kandungan protein dan lemak yang berbeda, sehingga jumlah kalorinya juga berbeda.

Daging ayam sebenarnya mengandung kalori yang relatif lebih rendah dibandingkan sumber protein hewani lainnya. Namun jumlah kalori tersebut akan melonjak tajam saat menjalani proses pengolahan tertentu, misalnya saat menggoreng menggunakan minyak, menambahkan tepung, atau mentega.

Selain itu, banyaknya kalori ayam goreng juga tergantung dari ada tidaknya bagian kulit yang Sobat goreng lalu Sobat makan. Jika Sobat termasuk kulit, maka jumlah kalori yang Sobat konsumsi akan meningkat pula.

Menurut Fat Secret terdapat 161 kalori dalam 1 potong sedang ayam goreng tanpa pelapis, maksudnya kulit dimakan, dengan rincian Kalori: 55% lemak dan 45% protein.

Ukuran porsi secara umum adalah sebagai berikut :

  •  1 irisan tipis (sekitar 5 cm x 4 cm x 0,3 cm) : 18 kalori
  •  1 ons, dengan tulang (hasil setelah masak, tulang dihilangkan) : 34 kalori
  •  1 irisan sedang (sekitar 5 cm x 4 cm x 0,6 cm) : 36 kalori
  •  1 inci kubik,tanpa tulang: 44 kalori
  •  1 ons, tanpa tulang (hasil setelah masak) : 49 kalori
  •  1 ons, dengan tulang (hasil setelah tulang dihilangkan) : 52 kalori
  •  1 irisan tebal (sekitar 5 cm x 4 cm x 1 cm) : 55 kalori
  •  1 ons, tanpa tulang: 74 kalori
  •  1 bagian kecil (hasil setelah masak, tulang dihilangkan) : 83 kalori
  •  1 potong sedang (hasil setelah masak, tulang dihilangkan) : 161 kalori
  •  1 porsi (85 g) : 221 kalori
  •  1 potongan besar (hasil setelah masak, tulang dihilangkan) : 255 kalori
  •  100 gram (g) : 260 kalori
  •  1 mangkok, potong dadu: 351 kalori

Berikut perbandingan jumlah kalori ayam goreng per 100 gram penyajian, termasuk jika ayam diolah menggunakan berbagai bahan tambahan berdasarkan tabel perbandingan gizi yang diterbitkan oleh United States Department of Agriculture (USDA) yang dilansir dari Sehatq dan Food Detik :

Dada Ayam

Dada ayam adalah salah satu potongan ayam paling populer. Rasanya hambar karena dada ayam tinggi protein dan rendah lemak. Oleh karena itu, dada ayam seringkali menjadi pilihan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Satu 100 gram ayam tanpa kulit dan tulang memiliki total kalori 165. Itu termasuk kalori dari protein sebanyak 31 gram dan lemak sebanyak 3,6 gram. Artinya 80% kalori pada dada ayam berasal dari protein dan 20% dari lemak.

Jumlah kalori dalam ayam tersebut adalah ayam kampung tanpa tambahan apapun. Setelah ayam matang dan ditambahkan beberapa bahan lain seperti bumbu masak, minyak dan saus akan menambah total kalori, karbohidrat dan lemak.

Dalam hal ini dada ayam merupakan sumber rendah lemak dan protein yang tidak mengandung karbohidrat. Jika Anda berniat memakannya untuk menurunkan berat badan, sebaiknya masak ayam dengan cara memanggangnya.

Kalori ayam goreng dada

Kalori dada ayam masak tanpa kulit dengan berat 100 gram adalah 165 kalori. Sebanyak 80 persen kalori adalah protein, sedangkan 20 persen kalori adalah lemak. Untuk dada ayam goreng, dapat kita asumsikan bahwa ayam tersebut menyerap 1 sendok makan minyak sehingga dalam 100 gram dada ayam goreng mengandung 297,6 kalori.

1 Potong Ayam Goreng Berapa Kalori


Paha

Berbeda dengan dada ayam, bagian paha ayam inilah yang paling populer. Daging pada bagian paha ayam memiliki tekstur yang empuk dan lebih empuk. Namun, paha ayam memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi.

Biasanya paha ayam dibelah dua yaitu paha atas dan bawah. Nah, paha ayam ini sering dikenal dengan sebutan paha ayam. Potongan ayam ini juga menjadi bagian favorit masyarakat.

Jumlah kalori dalam 100 gram daging ayam di bagian bawah paha adalah 172 kalori. Jumlah ini dihasilkan dari 28,3 gram protein dan 5,7 gram lemak. Dari segi penghitungan kalori, sekitar 70% berasal dari protein dan 30% sisanya dari lemak.

Jumlah kalori dalam paha ayam dalam 100 gram adalah 209 kalori. Dilansir dari Data Gizi, jumlah kalori yang dihasilkan dari 26 gram protein dan 10,9 gram lemak. Data tersebut menunjukkan bahwa total kalori pada ayam adalah 53% dari protein dan 47% dari lemak.

Kalori ayam goreng paha

Dalam satu paha atas tanpa kulit yang dimasak (52 gram) terdapat 13,5 gram protein. Kalori paha ayam juga mengandung 109 kalori dalam sepotong paha atau 209 kalori per 100 gram penyajian. Untuk paha goreng kalori menjadi 341,6 kalori.

Sepotong paha ayam tanpa kulit atau tulang seberat 44 gram mengandung 12,4 gram protein. Kalori paha ayam tanpa kulit mengandung 76 kalori atau 172 kalori per 100 gram. Kalori paha goreng seberat 100 gram adalah 304,6 kalori.

Kalori Ayam Goreng Sayap

Jika Anda menginginkan bagian daging ayam yang lebih sehat, sayap ayam bisa menjadi pilihan. Namun, asalkan sayap ayam tidak dimasak dengan cara digoreng dan dicampur dengan kuah. Memanggang itu ide yang bagus.

Jumlah kalori dalam 100 gram sayap ayam adalah 203. Jumlah tersebut merupakan hasil dari 30,5 gram protein dan 8,1 gram lemak, seperti dikutip dari Data Nutrition.

Lebih lanjut, situs tersebut juga menyebutkan bahwa 64% kalori pada sayap ayam dihasilkan dari protein, sedangkan 36% lainnya dihasilkan dari lemak.

Sayap ayam tanpa kulit atau tulang (21 gram) mengandung 6,4 gram protein. Sedangkan kalori satu sayap ayam tanpa kulit adalah 42 kalori. Sepotong sayap ayam goreng mengandung sekitar 174,6 kalori.

Pedoman jumlah kalori ayam goreng di atas diperoleh dengan menggunakan minyak sayur biasa dan ayam tanpa perlakuan khusus. Jumlah kalori dapat berubah jika Anda menggunakan minyak goreng lain, mentega, atau mentega.

Kulit ayam

Seringkali menjadi incaran banyak orang, ternyata kulit ayam justru bisa menambah jumlah kalori secara drastis. Misalnya dada ayam dengan kulit memiliki total 50% kalori dari protein, 50% dari lemak dan tambahan kulit dapat menambah hampir 100 kalori.

Begitu pula dengan sayap ayam dengan kulitnya memiliki 99 kalori dalam 34 gram daging. Beda jika tanpa kulit, hanya sekitar 42 kalori. Jadi, 60% kalori pada sayap ayam yang dikuliti berasal dari lemak.

Jadi, jika ingin memperhatikan berat badan dan asupan lemak sehat, mengonsumsi ayam tanpa kulit adalah ide yang bagus. Dengan begitu Anda bisa meminimalkan kalori dan lemak.

Batasan Kalori Yang Aman Dikonsumsi Per Hari

Mengetahui jumlah kalori ayam goreng sedikit banyak memberi gambaran tentang seberapa banyak Anda bisa makan makanan ini. Idealnya, seseorang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2.000 kalori per hari untuk wanita dan 2.500 kalori per hari untuk pria.

Namun, angka ini bisa berbeda-beda tergantung banyak faktor, seperti usia, metabolisme, dan jumlah gerakan aktif yang Anda lakukan. Misalnya, anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak kalori daripada orang tua, tetapi remaja yang kurang aktif juga harus membatasi asupan kalori mereka.

Bahaya Terlalu Banyak Makan Ayam Goreng

Ayam goreng sering dikategorikan sebagai fast food atau junk food alias makanan yang tidak bergizi sehingga tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan. Selain jumlah kalori ayam goreng yang tinggi, gorengan juga tinggi garam dan kolesterol.

Dalam 100 gram dada ayam goreng dengan kulit dan tanpa tepung misalnya, mengandung 503 miligram sodium (garam) dan 89 mg kolesterol. Hal ini membuat banyak ahli kesehatan beranggapan ayam goreng akan menimbulkan beberapa faktor risiko gangguan kesehatan tertentu, seperti:

  • Penyakit jantung
  • Diabetes tipe 2
  • Kegemukan
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol Tinggi.

Poin terakhir adalah resiko yang paling mengkhawatirkan mengingat ayam penggorengan biasanya menggunakan minyak yang diproses melalui tahap hidrogenasi. Minyak jenis ini akan memberikan rasa ayam goreng yang lebih enak dan renyah, namun berbahaya bagi kesehatan karena dapat menaikkan kadar kolesterol jahat sekaligus menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

Demikian jawaban berapa kalori 1 potong ayam goreng biasa termasuk kalori bagian-bagian ayam. Baca juga blog seputar Ayam Goreng.


0 Komentar untuk "1 Potong Ayam Goreng Berapa Kalori"

Back To Top