Cara Membuat Sambal Lalapan Ayam Goreng

Cara membuat sambal lalapan ayam goreng - Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Wajar saja karena masakan tersebut memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat serta menggugah selera bagi siapa saja yang memakannya.

Selain itu, cara membuat ayam goreng dan sambal lalapan ini cukup praktis, sehingga Sobat bisa mencobanya sendiri dengan mudah di dapur Sobat. Penasaran untuk langsung mencobanya sendiri di rumah? Simak resep ayam goreng dan saus lalapan berikut ini.

Cara Membuat Sambal Lalapan Ayam Goreng

Simak resep dan cara membuat ayam goreng dan sambal lalapan beserta bahan dan bumbunya sebagai berikut

Untuk ayam goreng, tumis bumbu halus hingga harum lalu tambahkan lengkuas, serai, dan daun salam. Kemudian masukkan potongan daging ayam, jangan lupa tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk sambil diaduk hingga bumbu merata lalu tambahkan air dan masak hingga matang dan bumbu meresap. Kemudian tiriskan dan goreng hingga kuning keemasan.

Untuk sambal, tumis cabai, bawang merah dan tomat sebentar dengan api sedang, lalu setelah matang pindahkan ke atas cobek. Beri terasi yang sudah di panggang sebentar dan tambahkan gula merah, gula pasir, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Lalu uleni hingga kalis dan rasanya pas..

Ayam goreng yang sudah matang, lalu goreng terong, kol, pisang lalu disajikan dengan sambal, telur dadar, kemangi, dan timun segar.

 

Cara Membuat Sambal Lalapan Ayam Goreng

Cara Membuat Sambal Terasi Lalapan Ayam Goreng

Bahan dan Bumbu

  •     1kg ayam.
  •     1 papan tempe.
  •     1 ikat daun singkong.
  •     1 mentimun.
  •     3 tomat.
  •     3 bawang merah.
  •     1 buah teras.
  •     cabai secukupnya.

Dengan tambahan lalapan, tentunya akan lebih lengkap menikmati ayam/bebek goreng atau bakar. resep cara membuat resep sambal ayam rujak segar dan cara membuat resep sambal ayam rujak segar. Terasi pedas ini cocok disantap bersama ayam bakar yang enak lho. 

Cara Membuat Sambal Lalapan Ayam Goreng

 

Sambal kemangi siap disantap dengan ayam goreng atau bakar. Sambal di atas paling enak dinikmati dengan lalapan dan makanan lainnya, terutama ayam bakar, ayam.

Cara membuat ayam goreng segar + sambal terasi :

  •     Potong ayam dan bersihkan kemudian goreng hingga kuning keemasan dan tiriskan.
  •     Rebus daun singkong dan kupas timun.
  •     Untuk sausnya, cuci bersih tomat, cabai dan bawang bombay lalu haluskan, jangan lupa terasi.
  •     Setelah semuanya siap kemudian sajikan dan siap disantap.

Lalap atau lalapan adalah salah satu salad Indonesia favorit saya setelah gado gado. Berasal dari Jawa Barat, lalap populer di seluruh Indonesia.

Ini sambal terasi yang cocok disantap bersama tempe, tahu goreng, ikan asin, ayam goreng plus lalapan. Perpaduan antara pedas, gurih dan nikmat, akan membuat Sobat berkeringat sekaligus kenyang. Demikianlah resep ayam goreng dan sambalnya. Semoga tidak sakit perut.


0 Komentar untuk "Cara Membuat Sambal Lalapan Ayam Goreng"

Back To Top